7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan, Konsumsi Secara Rutin

Muhammad Fadhil Raihan - detikJabar
Rabu, 20 Jul 2022 09:29 WIB
Kombinasi Hebat! Makan Jahe dan Cabai Punya 5 Manfaat Sehat Ini
Rempah jahe dan manfaatnya bagi kesehatan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Stefan Tomic)
Bandung -

Jahe (Zingiber officinale) merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang banyak ditemukan di Indonesia. Jahe juga dapat ditemukan di pasaran dengan harga yang relatif murah.

Terdapat tiga jenis jahe yang dapat ditemukan di Indonesia, yaitu Jahe Putih (Zingiber officinale Rosc), Jahe Merah (Zingiber officinale Roscoe), dan Jahe Gajah (Zingiber officinale var officinarum). Ketiga jahe tersebut memiliki karakteristik dan khasiatnya masing-masing.

Jahe memiliki banyak kandungan senyawa yang dapat dimanfaakan oleh berbagai kebutuhan. Kandungan dalam jahe yakni kalori, karbohidrat, gula, serat pangan, lemak jenuh, protein, mineral, dan berbagai vitamin.


Jahe biasa dimanfaatkan masyarakat sebagai rempah-rempah penyedap rasa masakan. Meskipun begitu, jahe juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Berikut ini 7 manfaat atau khasiat jahe bagi kesehatan :

1. Meredakan Radang

Kandungan komponen aktif, seperti zingerol, shogaol, gingerdione, dan gingerol dalam jahe berperan terhadap efek immunomodulator, antioksidan, dan anti-inflamasi. Aktivitas tersebut dapat berperan untuk meredakan radang, seperti rematik, osteoarthritis, dan radang paru-paru.

2. Meredakan Nyeri

Efek antioksidan dan anti-inflamasi oleh gingerol dapat membantu meredakan nyeri pada sendi. Contohnya seperti nyeri perut akibat menstruasi dan nyeri otot setelah berolahraga.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Antioksidan dari jahe dapat membantu mengurangi risiko atau efek dari radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kronis. Contoh penyakit tersebut adalah penyakit jantung, tumor, sampai dengan kanker.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan minyak jahe dapat berperan untuk meredakan sakit perut, meningkatkan pencernaan, meredakan ketidaknyamanan usus dan perut, menghilangkan racun, dan bahkan dapat meningkatkan nafsu makan. Jahe juga dapat berperan untuk memblok serotonin yang menjadi penyebab rasa mual.

5. Memperbaiki Kulit

Jahe dapat berperan sebagai antiseptik dan pembersih untuk membantu mendetoks kulit. Kandungan dari jahe juga dapat membantu membunuh bakteri, mengurangi kemerahan, mencegah kerusakan kulit, dan mencerahkan kulit yang kusam.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut

Kandungan mineral, vitamin, dan asam lemak dari jahe dapat membantu memperkuat rambut untuk mencegah kerontokan, serta meningkatkan sirkulasi kulit kepala agar rambut dapat tumbuh alami. Jahe juga memiliki khasiat untuk meredakan gatal dan mengurangi ketombe di kepala, serta membuat kulit kepala lebih lembap.

7. Menghilangkan Jerawat

Kandungan antiseptik dan antioksidan dari jahe dapat membantu melawan bakteri jerawat pada wajah. Jahe juga dapat membantu mengeringkan jerawat lebih cepat.



Simak Video "Manfaat Konsumsi Jahe: Tingkatkan Imun Tubuh "
[Gambas:Video 20detik]
(tey/tya)