6 Rekomendasi Film Buat Akhir Pekan, dari Animasi hingga Horor

Anindyadevi Aurellia - detikJabar
Sabtu, 16 Jul 2022 08:30 WIB
The Mauritanian scene
Foto: imdb.com
Bandung -

Menyambut libur akhir pekan, layar lebar Indonesia diramaikan dengan beberapa film menarik yang cocok untuk ditonton bersama yang terkasih. Mulai dari film aksi, bertema keluarga, animasi lengkap menghiasi waktu berkualitasmu dan si kecil. Bahkan film horror pun menyambut liburanmu jika ingin nonton dengan kerabat atau pasangan. Penasaran ada film apa saja dan bagaimana cuplikan sinopsisnya? Berikut rekomendasi enam film untuk berakhir pekan.

1. Ivanna

Sebuah film dari sekuel Danur karangan Risa Saraswati, kembali hadir menghiasi layar lebar. Bercerita tentang Ambar dan Dika, dua yatim piatu yang pindah ke sebuah panti jompo milik sahabat orang tua mereka.


Ambar yang kini memiliki kemampuan untuk melihat hal-hal mistis, secara tidak sengaja mendapatkan penglihatan dari masa lalu yang terjadi rumah panti tersebut. Ia tanpa sengaja melihat seorang perempuan Belanda yang mengalami sebuah kejadian tragis di masa penjajahan Jepang.

Seorang perempuan Belanda bernama Ivanna mengalami penyiksaan dari tentara Jepang, dan lebih parahnya lagi, pengkhianatan dari para pribumi, yang akhirnya mengakibatkan ia kehilangan kepalanya. Serangkaian kejadian mistis pun mulai menghantui Ambar dan seluruh penghuni panti jompo, terlebih setelah mereka menemukan sebuah patung tanpa kepala di ruang bawah tanah beserta dengan piringan hitam yang berisi lagu menyeramkan.

Di Hari Lebaran, keadaan semakin mencekam ketika penghuni panti menemukan Nenek Ani meninggal dengan keadaan tanpa kepala. Tragedi itu membuat semua orang panik, terlebih ketika satu persatu misteri dendam Ivanna terungkap. Dengan keselamatan seluruh penghuni panti kini terancam, Ambar dituntut untuk menyelesaikan dendam Ivanna, sebelum arwah itu merenggut nyawa mereka semua.

2. The Mauritanian

Bercerita tentang kisah nyata perjalanan hidup Mohamedou Ould Slahi, yang pada tahun 2002 diringkus oleh kepolisian saat hendak kembali ke rumahnya di Mauritania. Semua terjadi secara tiba-tiba.

Tanpa persidangan dan tanpa tahu kesalahannya, Slahi harus mendekam di Kamp Tahanan Teluk Guantanamo, salah satu penjara tersadis di dunia. Di tengah penderitaan Slahi, hadir Nancy Hollander bersama Teri Duncan yang mau membelanya. Nancy dan Teri membantu melawan ketidakadilan yang dilakukan oleh Pemerintah AS terhadap imigran seperti Slahi.

Advokasi kontroversial mereka, bersama dengan bukti yang diungkap oleh jaksa militer yang tangguh, Letnan Kolonel Stuart Couch mengungkap kebenaran mengejutkan. Mereka menemukan rangkaian konspirasi yang dilakukan Pemerintah AS.

Kisah ini menceritakan sisi lain dari kejadian terorisme di Amerika Serikat pada 2001, tentang perjalanan Slahi yang tertuduh sebagai salah satu pelaku aksi 11 September. Film semakin menarik dengan diakhiri beberapa dokumentasi asli sosok Slahi di kehidupan nyata.

3. Thor: Love and Thunder

Film garapan Marvel Studios ini sedang ramai-ramainya dalam perbincangan. Film Thor: Love and Thunder yang berdurasi 119 menit ini mungkin akan menjadi salah satu seri superhero favorit terbaru dari para fans Marvel. Apalagi ada kejutan hadirnya aksi putri Chris Hemsworth pemeran Thor yang menjadi salah satu bintang utama di film tersebut.

Jika seri sebelumnya Thor kental dengan nuansa aksi dengan berbagai visual efeknya. Di seri terbaru ini, sutradara Taika Waititi menghadirkan ramuan baru. Ia memperkaya Thor: Love and Thunder dengan unsur drama. Dalam penampilan terakhirnya, Thor bergabung bersama Guardian of the Galaxy untuk menjelajahi ruang angkasa. Tahtanya sebagai Raja Asgardian telah diserahkan sepenuhnya kepada Valkyrie.

Setelah itu, Thor ingin menemukan kedamaian batin. Ia juga sibuk mengembalikan bentuk badannya seperti semula. Namun, Thor kembali diusik dengan hadirnya musuh baru yang sangat kuat, yaitu Gorr the God Butcher, sang pembunuh para dewa. Thor pun mengajak kawan-kawannya untuk menghadapi ancaman ini.

4. Minions: The Rise of Gru

Film Minions: The Rise of Gru memiliki latarbelakang era 1970-andimana Gru menjalani masa kecilnya di pinggiran kota saat berusia 12 tahun. Gru juga merupakan penggemar berat dari grup supervillain bernama Vicious 6.

Dalam kisahnya, Vicious 6 mempunyai misi untuk mencuri sebuah batu yang memiliki kekuatan mistis di wilayah terlarang. Mereka pun melakukan aksinya dan berhasil. Setelah berhasil mendapat batu itu, para anggota Vicious 6 ternyata mengkhianati si pemimpin, Wild Knuckles.

Vicious 6 kemudian mendepak Wild Knuckles dan berganti pemimpin. Belle Bottom ditunjuk untuk memimpin kelompok penjahat tersebut. Mereka juga berencana mencari anggota baru.

Kabar itu sampai ke telinga Gru. Ia pun tak melewatkan kesempatan untuk bisa bergabung dengan Vicious 6. Namun usianya yang saat itu masih belia membuat Vicious 6 meremehkan kemampuan Gru. Tidak menyerah, Gru berusaha membuktikannya dirinya bisa berbuat jahat dengan mencuri batu mistis milik Vicious 6.

Ketika berusaha kabur dari kejaran Vicious 6, Gru kemudian diculik oleh Wild yang yang ternyata masih hidup. Kini giliran para Minion yang mencari cara menyelamatkan Gru dari Wild dan kejaran Vicious 6.

5. Ranah 3 Warna

Film ini bercerita tentang motivasi dan cinta. Berfokus pada perjuangan Alif Fikri, seorang anak dari pinggir Danau Maninjau. Ia mengidolakan Presiden ketiga RI, BJ Habibie, hingga memiliki motivasi tinggi untuk menimba ilmu sampai ke ujung dunia.

Namun, mimpi itu tak bisa dengan mudah terealisasi, sebab untuk kuliah di Bandung saja ia harus menempuh jalan yang rumit. Alif tidak pernah melupakan cita-citanya bisa ke benua Amerika, ia hanya menunda. Mimpi yang dipendamnya itupun tak jarang diremehkan orang lain, namun ia coba melapangkan dada.

Randai merupakan teman dekat Alif yang memiliki banyak kelebihan. Ia menempuh pendidikan tinggi sebagai Mahasiswa Teknik di ITB. Kelebihan pada diri keduanya membuat Randai dan Alif meski bersahabat namun juga bersaing dalam dunia akademik bahkan percintaan. Keduanya mendambakan perempuan yang sering menemani keseharian mereka, yakni Raisa.

Dengan perjalanan panjang, Alif mengejar cita-cita dengan sebuah kesempatan ke luar negeri melalui program pertukaran pelajar ke Kanada, meskipun bukan seperti mimpinya awal yang ingin ke Amerika. Hingga akhirnya keadaan membuat Alif kemudian melintasi tiga "Ranah" yakni Indonesia, Timur Tengah, dan Kanada.

6. Keluarga Cemara 2

Abah saat ini telah memiliki pekerjaan baru di sebuah peternakan ayam. Tapi, Abah jadi tak punya banyak waktu bersama keluarga, Emak ingin tetap bekerja karena tabungan mereka menipis sembati mengurus si bungsu Agil. Sementara Euis dan Ara mulai sering berselisih paham. Seperti layaknya seorang remaja di bangku SMA, Euis mulai jatuh cinta dan menginginkan privasi untuk dirinya.

Keinginan putri sulung yang dituruti, lahirnya putri bungsu yakni Agil, dan Abah dengan pekerjaan barunya otomatis membuat Ara merasa tak punya teman di rumah. Ia kecewa, terlebih dengan Euis dan Abah yang menjanjikan sesuatu namun tidak ditepati. Tak sengaja, ia menemukan seekor anak ayam yang tersesat saat di perjalanan bersama Aril. Ara berusaha membantu si Neon, anak ayam tersebut, untuk mencari rumah dan keluarganya.

Ara dan Aril berpetualang cukup jauh hanya untuk menyatukan Neon dengan keluarganya. Hal ini tentu membuat gempar dan mengkhawatirkan bagi keluarga Ara. Mereka takut sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada anak tengah itu.

Itulah keenam rekomendasi film layar lebar untuk mengisi akhir pekan. Segera amankan tiketmu sebelum kehabisan!



Simak Video "Musisi Jepang Hiroaki Kato Berakting di Film Horor 'Ivanna'"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/tya)