Awas! Ada Potensi Gelombang Setinggi 6 Meter di Selatan Jabar

Sudirman Wamad - detikJabar
Jumat, 15 Jul 2022 17:50 WIB
Residents watch the waves during a breaking swell in Saint-Leu, in the south of the French island of Reunion, Indian Ocean, on June 29, 2022, after a wave-submergence alert was declared. (Photo by Richard BOUHET / AFP) (Photo by RICHARD BOUHET/AFP via Getty Images)
Ilustrasi gelombang tinggi (Foto: AFP via Getty Images/RICHARD BOUHET)
Bandung -

BMKG telah merilis peringatan gelombang tinggi di perairan Indonesia, salah satunya di perairan Jawa. Gelombang tinggi ini dipicu karena kecepatan angin.

Dikutip dari data BMKG yang diterima detikJabar, ketinggian gelombang itu terbagi menjadi enam kategori, dari tenang hingga ekstrem. Atau, dari 0,1 meter hingga enam meter lebih.

Gelombang tinggi akan terjadi besok (16/7/2022) dan Senin (18/7/2022) di Selat Sunda Bagian Selatan. Gelombang tinggi diprediksi mencapai empat hingga enam meter. Sama halnya dengan Samudera Hindia, dalam situs BMKG menyebutkan gelombang tinggi di Samudera Hindia mencapai empat hingga enam meter.


Kemudian, Laut Jawa bagian barat juga diprediksi tinggi gelombang mencapai 1,25 hingga 2,50 meter. Laut Jawa bagian barat ini meliputi wilayah perairan utara Jabar.

"Perkiraan hari gelombang tinggi ini berlaku dari 16 Juli pukul 07.00 WIB hingga 17 Juli 2022 pukul 07.00 WIB," kata Eko Prasetyo selaku Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG kepada detikJabar, Jumat (15/7/2022).

Eko mengatakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara menuju barat daya dengan kecepatan 4 hingga 25 knot. Sedangkan, wilayah selatan Indonesia umumnya bergerak dari timur tenggara dengan kecepatan 6 hingga 28 knot.

"Tinggi gelombang lebih dari 2.5 m berpeluang terjadi di Selat Sunda bagian selatan, Perairan utara Sabang, Selat Karimata bagian selatan, Laut Jawa bagia tengah, Selat Bali-Lombok-Sape bagian selatan," kata Eko.

Kondisi serupa juta terjadi di Perairan Kupang - Pulau Rotte, Laut Flores, Perairan selatan Ambon, Laut Banda dan Laut Arafuru.

(sud/yum)