Kabar Nasional

Ternyata Ini Arti Huruf E Pada Indikator Bensin Kendaraan

Tim detikOto - detikJabar
Sabtu, 16 Jul 2022 04:30 WIB
Indikator Bensin pada Mobil
Foto: Getty Images/iStockphoto/hauged
Bandung -

Setiap kendaraan dilengkapi panel indikator bensin. Dalam panel itu, kerap terlihat ada huruf E. Sebenarnya apa sih arti dari huruf E itu sebenarnya?

Dilansir dari detikOto, pada panel indikator bensin kerap ditemukan ada huruf F dan E. Bila huruf F bertanda tangki bensin kondisi penuh, huruf E ternyata bukan berarti tanki empty atau kosong.

Panel indikator isi tanki BBM menjadi fitur yang terkesan sederhana namun sangat penting buat pengendara motor dan mobil. Dengan fitur ini kita tidak perlu mengecek dan mengintip tanki bahan bakar untuk melihat ketersediaan bensin di kendaraan.


Kemajuan teknologi membuat panel indikator BBM tak lagi berbentuk menyerupai jarum jam. Bahkan kini sudah berbentuk digital.

Huruf F pada panel indikator mengindikasikan Full, alias bahan bakar terisi penuh. Namun huruf E pada panel indikator isi tanki BBM sebenarnya punya arti Emergercy, atau keadaan darurat.

Jadi, jika jarum indikator sudah menunjuk huruf E, maka keadaannya sudah sangat genting untuk segera mengsisi BBM. Jangan ditunda lagi segera berhenti dan isi bahan bakar begitu melihat SPBU. Demikian dikutip dari Totalenergies.

Meski begitu, saat indikator menunjuk huruf E sebenarnya isi tanki bahan bakar tidak benar-benar habis. Rata-rata masih tersedia 10% dari total kapasitas maksimal bahan bakar saat indikator E mulai berkedip.

Ini dilakukan pabrikan supaya pengendara tidak benar-benar kehabisan bensin di tengah jalan, terlebih ketika melakukan perjalanan jauh.

Jadi, daripada harus mendorong kendaraan karena habis bensin, sebaiknya isi BBM mobil atau motor kamu sebelum indikator mendekati huruf E.



Simak Video "Adu Murah! Ini Perbandingan Harga Bensin di Negara ASEAN"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)