Bikin Kaget! Remaja Temukan Lele Langka Berwarna Putih di Tennessee

Tim detikInet - detikJabar
Rabu, 06 Jul 2022 23:00 WIB
Lele warna putih
Lele warna putih (Foto: Newsweek)
Bandung -

Seorang pemancing Edwards Tarumianz menemukan lele langka. Biasanya, lele berwarna hitam atau abu-abu, namun lele yang ditemukan remaja berusia 15 tahun itu menemukan lele berwarna putih.

Dikutip dari detikINET dari lansiran Newsweek, awalnya Edwards ikut memancing ikang di sungai Tennessee, Amerika Serikat. Namun, tiba-tiba kailnya merasakan tarikan dari bawah air.

Ketika diamati, rupanya ikan yang menyantap umpannya berukuran cukup besar adalah lele, dan warnanya putih hampir semuanya. Kecuali bagian sirip yang cenderung merah muda.


Lele itu ternyata spesies Ictalurus furcatus, umum disebut lele biru. Spesies lele terbesar di Amerika Utara itu biasanya warnanya biru keabu-abuan, tidak putih seperti yang ditangkap oleh Edwards.

"Kami kaget ketika melihatnya. Aku tahu bahwa ikan ini luar biasa langka. Banyak pemancing tidak pernah melihatnya seumur hidup mereka. Aku sendiri sudah 67 tahun dan memperoleh ribuan lele tapi ini pertama kali aku melihat lele semacam ini," kata pemancing Richard Simms yang mendampingi Edwards.

Ia menyebut, andai ia tak menjepret ikan temuannya, orang-orang tak akan percaya dengan hasil tangkapan berupa lele berwarna putih. Lele itu pun kemudian dilepaskan lagi ke sungai.

Tentang mengapa lele itu bisa berwarna putih, kemungkinan ia punya kondisi tertentu sehingga warna kulitnya pucat. Penyebabnya adalah mutasi genetik yang membatasi produksi melanin.

Ada pula kemungkinan lele putih ini adalah albino, kondisi genetik yang disebabkan oleh absennya melanin. Binatang dengan kondisi albino cenderung putih kulitnya, bulu dan mata pink di beberapa kasus.

(yum/yum)