Kabar Internasional

Potret Gerhana Matahari yang Menakjubkan

Tim detikInet - detikJabar
Selasa, 05 Jul 2022 19:00 WIB
Gerhana dari luar angkasa
Gerhana Matahari dari luar angkasa. (Foto: NASA)
Jakarta -

NASA baru saja menangkap Bulan lewat di depan Matahari dalam gerhana parsial dari luar angkasa. Hasil fotonya menakjubkan!

Momen ini diabadikan Solar Dynamics Observatory (SDO) NASA. Momen yang tertangkap adalah ketika Bulan melintas di antara observatorium dan Matahari pada 29 Juni saat terjadi gerhana parsial yang indah.

Dikutip dari detikInet, Selasa (5/7/2022), cada puncak gerhana, Bulan menutupi 67% Matahari, dan 'pegunungannya' diterangi api Matahari. SDO menangkap gerhana dari sudut pandang uniknya di luar angkasa yang tidak terlihat dari Bumi.


Dilansir dari IFL Science, Senin (4/7/2022) SDO sedang mempelajari bagaimana aktivitas Matahari menciptakan dan mendorong cuaca luar angkasa, misalnya, bagaimana coronal mass ejections (CME) dapat menciptakan badai Matahari di Bumi, memberikan kita aurora yang indah, dan menyebabkan pemadaman listrik sesekali.

Dalam pemaparannya, Matahari masih tiga tahun lagi dari aktivitas puncak siklus Matahari yang diperkirakan terjadi pada Juli 2025. Namun, Matahari sudah aktif luar biasa sedini ini.

Instrumen pengamatan Matahari NASA beberapa kali menangkap aktivitas yang memperlihatkan adanya beberapa suar dahsyat, bintik Matahari, CME, dan bahkan wilayah interaksi rotasi bersama yang lebih jarang terjadi baru-baru ini.

Di sisi lain, hal ini memungkinkan instrumen pengamatan Matahari NASA menangkap mendapatkan beberapa fotografi cuaca luar angkasa yang cukup bagus untuk dinikmati, seperti gambar gerhana dari luar angkasa kali ini.

(ors/ors)