Fakta-fakta Tata Surya

Tim detikEdu - detikJabar
Selasa, 28 Jun 2022 04:06 WIB
gerhana bulan dan planet tata surya
Ilustrasi tata surya (Foto: NASA)
Bandung -

Sama seperti Bumi yang mengelilingi Matahari, tata surya yang kita tinggali ini juga mengorbit pada pusat Galaksi Bima Sakti atau Milky Way. Tata surya kita berada di lengan Orion atau jalur Orion yang berada di tepi Galaksi Bima Sakti bersamaan dengan kumpulan bintang, debu, gas, dan sistem tata surya lainnya.

Berikut fakta-fakta tata surya kita yang dilansir laman National Aeronautics and Space Administration (NASA) sebagaimana dikutip detikEdu, Senin (27/6/2022).

1.Terdiri dari Miliaran Benda Langit

Tata surya terdiri dari miliaran bintang, delapan planet, dan banyak benda langit kecil seperti planet kerdil, asteroid, dan comet. Selain Bumi, planet-planet yang berada di Galaksi Bima Sakti adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.


2. Berada di Ujung Galaksi

Tata surya kita mengitari atau mengorbit pusat Galaksi Bima Sakti dengan kecepatan 515.000 mph atau sekitar 230,23 meter per detik. Pasalnya, menurut laman Imagine the Universe NASA, tata surya kita berjarak kurang lebih 25.000 tahun cahaya dari pusat galaksi atau dengan kata lain berada jauh di ujung galaksi.

3. Butuh Jutaan Tahun untuk 1 Rotasi

Berapa lama waktu yang dibutuhkan tata surya kita untuk mengorbit satu pusat Galaksi Bima Sakti? Jawabannya adalah 230 juta tahun!

4. Berbentuk Spiral

Umumnya, ada tiga jenis galaksi elips, spiral, dan tidak beraturan. Bima Sakti termasuk galaksi yang berbentuk spiral.

5. Tidak Memiliki Atmosfer

Tata surya hanyalah ruang tanpa atmosfer. Tetapi, di dalamnya memiliki banyak planet, termasuk Bumi, yang memiliki beragam jenis atmosfer di dalamnya.

6. Kita Hidup Sendiri?

Hingga saat ini, tata surya yang kita disebut sebagai satu-satunya tata surya yang memiliki kehidupan. Lebih lanjut, Bumi-lah satu-satunya planet yang memiliki kehidupan tersebut.

7. Belum Pernah Ada Manusia yang Jelajahi Luar Tata Surya

Pesawat ruang angkasa milik NASA Voyager 1 dan Voyager 2 adalah satu-satunya wakil dari Bumi yang berhasil meninggalkan tata surya. Tiga pesawat ruang angkasa lainnya, Pioneer 10, Pioneer 11, dan New Horizons, baru akan diluncurkan.



Simak Video "Ilmuwan Dapatkan Visual Lubang Hitam di Pusat Galaksi Bima Sakti"
[Gambas:Video 20detik]
(bbn/bbn)