Resep Tradisional Mengobati Asam Lambung

Tim detikHealth - detikJabar
Minggu, 26 Jun 2022 21:00 WIB
ilustrasi lambung
Foto: ilustrasi/thinkstock
Bandung -

Asam lambung menjadi penting dalam proses pencernaan makanan. Kebutuhan asam lambung harus normal, karena jika berlebihan akan menimbulkan penyakit asam lambung. Jika sudah terjadi, yang dibutuhkan adalah obat asam lambung yang aman dan alami untuk dikonsumsi.

Disadur detikJabar dari detikHealth yang mengutip Food NDTV, Minggu (26/6/2022), ahli gizi Anshul Jaibharat dari New Delhi menjelaskan asam lambung dapat disebabkan karena jarak waktu makan yang lama, perut kosong, atau asupan teh, kopi, merokok, atau alkohol yang berlebihan.

Aneka obat tradisional asam lambung yang dikutip dari sumber yang sama.


1. Pisang

Pisang mengandung antasida alami yang berfungsi sebagai penyangga terhadap refluks asam. Buah ini adalah obat tradisional asam lambung yang mudah ditemukan. Makan satu pisang setiap hari untuk mencegah asam lambung yang menyiksa.

2. Kayu Manis

Bumbu sederhana ini berfungsi sebagai antasid alami untuk asam lambung dan dapat menenangkan perut Anda, dengan meningkatkan pencernaan dan penyerapan.

Untuk bantuannya, minumlah teh kayu manis untuk menyembuhkan infeksi pada saluran cerna. Kayu manis adalah pembangkit nutrisi dan sarat dengan khasiat bermanfaat bagi kesehatan.

3. Gula Merah

Pernah bertanya-tanya mengapa orang yang lebih tua menghabiskan makan dengan gula merah? "Karena kandungan magnesiumnya yang tinggi, gula merah membantu meningkatkan kekuatan usus," kata Dr. Manoj K. Ahuja, dari Rumah Sakit Fortis, New Delhi.

Gula merah membantu pencernaan dan membuat sistem pencernaan Anda lebih bersifat basa, sehingga mengurangi keasaman lambung. Isaplah sepotong kecil gula merah setelah makan, dan rasakan manfaatnya. Karena gula merah juga membantu menjaga suhu tubuh normal dan mendinginkan perut selama musim panas atau kemarau.

4. Cengkeh

Selama bertahun-tahun, cengkeh telah menempati posisi penting dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda untuk mengobati gangguan pencernaan.

Cengkeh bersifat karminatif, sehingga mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan. Tambahkan cengkeh saat memasak makanan seperti kacang merah atau lentil hitam yang cenderung menyebabkan perut kembung.

Anda bahkan bisa makan cengkeh dan kapulaga yang dihancurkan (dicampur dalam jumlah yang sama) untuk mengobati asam lambung dan menghilangkan bau mulut.

5. Daun Kemangi

Sifat menenangkan dari daun kemangi dapat memberi Anda bantuan instan dari asam lambung. Saat muncul gas pertama, makan beberapa daun kemangi atau rebus 3-4 daun kemangi dalam secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit.

Sering-sering juga untuk menghirup daun kemangi. Ini adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk keasaman.