Mengenal Perbedaan Awan dan Kabut

Tim detikEdu - detikJabar
Minggu, 26 Jun 2022 20:00 WIB
deretan awan panca roba musim panas ke musih hujan. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi awan. (Foto: Dikhy Sasra/detikcom)
Bandung -

Istilah awan dan kabut selama ini akrab di telinga masyarakat. Keduanya sama-sama fenomena alam. Namun awan dan kabut punya perbedaan.

Ditulis detikEdu yang disadur detikJabar, Minggu (26/6/2022), kabut menurut beberapa ahli adalah awan yang terbentuk di dekat permukaan bumi. Pada hal yang lain, awan terbentuk dalam proses pembentukan di wilayah yang lebih tinggi dan jauh dari daratan atau permukaan bumi.

Berikut perbedaan awan dan kabut.


1. Pengertian

M. Chaeran dalam bukunya yang berjudul Diktat Mata Kuliah Meteorologi menjelaskan awan ialah kumpulan besar dari titik-titik air atau kristal-kristal es yang harus di atmosfer. Kabut ialah gejala alam yang terjadi karena proses kondensasi uap air di daerah yang berdekatan dengan daratan atau permukaan tanah. Kabut tercipta pada ketinggian yang relatif rendah daripada awan yang tercipta di wilayah yang tinggi dan jauh dari permukaan tanah.

2. Proses Pembuatan

Perbedaan awan dan kabut dapat dilihat dari segi proses pembuatan atau terciptanya. Donny Widyasmoro dalam Buletin Cuaca Kelautan menjelaskan bahwa awan terjadi apabila uap air meluap menjadi titik-titik air dan akhirnya terbentuklah awan.

Di lain sisi, proses pembuatan atau terbentuknya kabut diawali dari proses pendinginan dari udara yang berada di bawah suhu titik bekunya. Sesaat setelah dingin, udara akan berpapasan dengan udara hangat yang memiliki unsur kelembaban dan berubah menjadi kabut.

3. Unsur-unsur

Widodo Pranowo dalam buku Dinamika Oseanografi mengungkapkan ada beberapa unsur fundamental dalam awan. Berikut penjelasannya:

· Suhu atau temperatur

· Kelembaban udara

· Tekanan udara

· Radiasi matahari

· Angin

· Curah hujan

Dalam konteks yang lain, kabut juga memiliki beberapa komponen atau unsur-unsur pada kabut. Berikut penjelasannya:

· Uap air

· Suhu atau temperatur

· Debu

· Asap

· Garam (jika terjadi di dekat laut)



Simak Video "'Awan Gua' Langka Ditemukan di China Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(bbn/bbn)