Kabar Internasional

15 Orang Tewas Akibat Gempuran Rusia di Kharkiv Ukraina

Tim detikNews - detikJabar
Rabu, 22 Jun 2022 13:09 WIB
Kota Kharkiv Ukraina masih jadi sasaran serangan Rusia. Pada Minggu (17/4) waktu setempat, serangan rudal jelajah Rusia tewaskan 5 orang dan 13 lainnya terluka.
Ilustrasi -- Dampak kehancuran akibat gempuran Rusia di Kharkiv, Ukraina, beberapa waktu lalu (dok. AP Photo)
Kiev -

15 orang tewas akibat gempuran pasukan Rusia di wilayah Kharkiv, Ukraina. Salah satu korban tewas itu bocah berusia delapan tahun.

"Sedikitnya 15 orang tewas dan 16 orang lainnya mengalami luka-luka. Itulah konsekuensi mengerikan dari gempuran siang hari di wilayah Kharkiv," tutur Gubernur Kharkiv Oleg Synegubov dalam pernyataan via Telegram sebagaimana dikutip detikNews, Rabu (22/6/2022).

Synegubov mengungkapkan jumlah korban tewas dan luka itu berasal dari empat insiden terpisah. Dia menjelaskan pasukan Rusia menembaki wilayah Chuguiv, kota berjarak 30 kilometer di sebelah tenggara kota Kharkiv. Gempuran Rusia itu dilaporkan menewaskan enam orang dan melukai empat orang lainnya.


Tercatat lima orang tewas dan 11 orang lainnya mengalami luka di kota Kharkiv. Dalam laporan itu satu korban tewas merupakan anak usia delapan tahun. Serangan tersebut juga menewaskan ibu sang anak. Selain itu, tiga orang tewas akibat serangan di Zolochiv, sebuah kota kecil berjarak 40 kilometer di sebelah utara Kharkiv.

"Ini terorisme. Ini merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan yang harus dihukum!" ucap Synegubov.

(bbn/bbn)