Demokrat Bandung Ingin Kuasai Pileg, IPO: Harus Ramah ke Kaum Milenial

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Kamis, 16 Jun 2022 23:59 WIB
Logo Demokrat
Logo Demokrat (Foto: Redaksi)
Bandung -

Partai Demokrat ingin menguasai Pileg 2024 di Kota Bandung. Lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) menilai langkah Demokrat bisa mulus asal menyasar pemilih muda.

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah menuturkan mayoritas pemilih saat ini sudah cerdas menentukan calon anggota legislatif. Terlebih, kata dia, dinamika pemilih di Kota Bandung saat ini didominasi kaum milenial yang berjiwa muda, energik dan kreatif.

Dedi menuturkan Demokrat perlu mengubah posisi kepengurusan dalam Muscab agar dinamika tersebut bisa ditangkap. Terlebih, partai lain sudah mulai melakukan perubahan kepengurusan guna menangkap potensi pemilih muda.


"Partai lain sudah mereposisi kepengurusannya lebih ramah pada kaum milenial, kalau saja tidak direspon positif oleh Partai Demokrat Kota Bandung maka akan ditinggalkan pemilihnya," ujar Dedi kepada wartawan, Kamis (16/6/2022).

Menurut Dedi, pola kepengurusan dengan 'rasa' muda sudah dilakukan oleh tingkat pusat dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai ketum. Komposisi jiwa muda ini, kata dia sudah terbukti dengan hasil survei AHY di beberapa lembaga survei.

"Namun ini belum bisa direspon oleh semua pengurus ke bawahnya, sehingga kalau dibiarkan maka akan terlindas sama partai yang lain yang juga telah merubahnya dengan memposisikan sebagai partai yang ramah terhadap warga milenial," tutur dia.

"Kalau berseberangan dengan hal tersebut ya tidak akan bisa meraih hati masyarakat, apalagi Kota Bandung penduduknya didominasi kaum milenial," kata Dedi menambahkan.

Sebelumnya, Demokrat Kota Bandung mulai ngegas menuju Pilpres 2024. Partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini menargetkan menguasai kemenangan di Pileg 2024.

Wakil Ketua Demokrat Kota Bandung Aan Andi Purnama menuturkan ada dua hal yang jadi target terdekat partai berlambang Mercy ini dalam kancah politik. Mulai dari membawa AHY sebagai Presiden hingga memenangkan Pilkada di Kita Bandung.

"Ada dua hal bagaimana kami bisa memenangkan pemilu legislatif legislatif di Kota Bandung dan mengantar Mas AHY menjadi presiden. Kemudian memenangkan Pilkada di Kota Bandung," ucap Andi dalam keterangannya, Minggu (12/6/2022).

(dir/yum)