Targetkan Langit Bebas Polusi, Dishub Ciamis Gelar Uji Emisi Gratis

Dadang Hermansyah - detikJabar
Kamis, 16 Jun 2022 13:42 WIB
Uji emisi gratis oleh Dishub Ciamis
Uji emisi gratis oleh Dishub Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar)
Ciamis -

Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar uji emisi gratis di kawasan Alun-alun Ciamis. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari sebagai bentuk peduli lingkungan untuk mewujudkan langit Ciamis biru, bebas dari polusi udara.

Uji emisi gratis ini diikuti oleh berbagai kendaraan, baik mobil pribadi, kendaraan dinas, BUMN, BUMD, terutama mobil angkutan dan truk. Terlihat pada Kamis (16/6/2022), banyak berbagai jenis kendaraan sudah antre untuk mengikuti uji emisi gratis ini.

"Selain dalam rangka hari jadi Ciamis, program uji emisi gratis ini kami lakukan sebagai bentuk peduli lingkungan. Dalam rangka membuat langit tatar Galuh ini biru," ujar Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Ciamis Yanti.


Yanti mengungkapkan sasaran dari uji emisi gratis ini adalah kendaraan operasional, BUMN, BUMD dan komunitas. Pada hari pertama pelaksanaan uji emisi gratis ini ada sekitar 73 unit yang diperiksa. Hasilnya hanya 2 kendaraan yang tidak lulus uji emisi.

"Untuk kendaraan yang tidak lulus uji emisi itu kami sarankan dan arahkan untuk di tune up kendaraannya. Di sini juga tersedia pemeriksaan kendaraan atau servis gratis, kerja sama dengan pihak perusahaan swasta," ungkap Yanti.

Yanti menerangkan kendaraan yang tidak lulus uji emisi biasanya mengeluarkan kepulan asap hitam. Hal ini yang menimbulkan polusi udara. Terutama kendaraan besar seperti angkutan, barang dan truk. Uji emisi idealnya dilakukan setahun dua kali.

"Yang mau dilakukan uji emisi gratis langsung datang ke sini, cukup dengan membawa fotokopi STNK saja. Alhamdulillah masyarakat pun antusias mengikutinya. Jadi mereka dapat mengetahui kondisi kendaraannya," ucapnya.

Sedangkan uji emisi rutin biasanya dilakukan oleh kendaraan angkutan dan kendaraan barang saat melakukan uji KIR. Apabila uji emisi tidak lulus, maka uji KIR juga otomatis tidak lulus.

(bbn/yum)