Lautan Manusia Antar Eril ke Peristirahatan Terakhir di Cimaung

Tim detikJabar - detikJabar
Senin, 13 Jun 2022 12:04 WIB
Tempat pemakaman Eril berlokasi di Cimaung, Bandung, Jawa Barat. Jenazah Eril tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, pada Minggu (12/6/2022) malam hari.
Emmeril Kahn Mumtadz (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Kepergian putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril diantar oleh lautan manusia pada Senin (13/6/2022). Ratusan hingga ribuan warga datang dari titik keberangkatan di Gedung Pakuan, selama perjalanan hingga tiba di Cimaung, yang menjadi lokasi pemakaman.

Lokasi Keberangkatan, Gedung Pakuan

Warga memadati halaman Gedung Pakuan, rumah dinas Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Warga turut menyaksikan kepergian Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril menuju tempat pemakaman.

Pantauan detikJabar, di Jalan Pakuan dan Cicendo dipadati warga. Warga berempati dan turut melantunkan selawat dan tahlil di sepanjang jalan.


Sekitar pukul 09.11 WIB, mobil jenazah Eril keluar dari halaman Gedung Pakuan. Warga yang menyemut di depan Gedung Pakuan berselawat dan melantunkan tahlil.

Gedung Pakuan, Bandung, ramai pelayat pada akhir pekan kemarin. Mereka datang untuk mendoakan putra Ridwan Kamil Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. Ini fotonya.Gedung Pakuan, Bandung, ramai pelayat pada akhir pekan kemarin. Mereka datang untuk mendoakan putra Ridwan Kamil Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. Ini fotonya. Foto: ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI

Salah seorang warga, Titin (46) mengaku sejak pagi berada di Gedung Pakuan. Titin datang bersama keluarga ingin mendoakan dan menyaksikan mobil jenazah Eril keluar dari Gedung Pakuan.

"Sudah dari pagi. Semoga husnul khatimah," kata Titin, Senin (13/6/2022).

Jenazah Eril sendiri sekitar pukul 09.05 WIB keluar dari ruangan persemayaman dan dibawa ke mobil jenazah. Ridwan Kamil dan keluarga mengiringi pemberangkatan jenazah Eril.

Sejumlah petugas mengawal prosesi pemberangkatan jenazah Eril. Selawat dan lantunan tahlil menggema di Gedung Pakuan mengiringi almarhum Eril menuju tempat lokasi pemakaman.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum tampak hadir. Selain itu, hadir juga sejumlah pejabat lainnya, seperti Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Ketum PSSI Mochamad Iriawan atau biasa disapa Iwan Bule dan lainnya.

Di Perjalanan Pasteur Bandung dan Cimahi

Warga menyemut di sepanjang Jalan dr Djundjunan yang mengarah ke Tol Pasteur, Kota Bandung pada Senin (13/6/2022). Mereka menanti kedatangan rombongan pengantar jenazah putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Pantauan detikJabar sekitar pukul 9.15 WIB, kedatangan rombongan ini rupanya telah ditunggu sejak pagi oleh warga. Salah satunya Rina (35), ia menunggu kedatangan rombongan tersebut sejak pukul 07.30 WIB.

"Iya dari tadi menunggu, memang dimakamkan di Cimaung, tapi katanya akan lewat Tol Pasteur kalau saya baca di berita mah," ujar Rina kepada detikJabar di Pasteur.

Rina pun turut merasakan duka yang dialami keluarga Ridwan Kamil. Walau tak mengenal Eril secara langsung, namun hatinya terdorong untuk ikut mendoakan Eril.

"Semoga keluarga pak gubernur diberikan ketabahan, saya juga merasa aneh. Kenal Eril juga tidak, tapi inginnya ikut mendoakan dan merasa kehilangan," tutur Rina.

Warga menyemut di sepanjang Jalan dr Djundjunan yang mengarah ke Tol Pasteur, Kota Bandung pada Senin (13/6/2022). Mereka menanti rombongan pengantar jenazah ErilWarga menyemut di sepanjang Jalan dr Djundjunan yang mengarah ke Tol Pasteur, Kota Bandung pada Senin (13/6/2022). Mereka menanti rombongan pengantar jenazah Eril Foto: Rindy Nurjanah/detikJabar

Para petugas dari kepolisian dan dishub tampak bersiaga menanti kedatangan rombongan. Mereka memastikan lalu lintas lancar. Jumlah yang warga menunggu pun ditaksir bisa mencapai ratusan hingga ribuan orang.

Sekitar pukul 9.20 WIB, apa yang dinantikan oleh warga akhirnya tiba. Ridwan Kamil yang menumpangi mobil jenazah berwarna putih menyempatkan diri menyapa warga, sambil mengucapkan terima kasih.

"Nuhun ya, nuhun ya," ujar Kang Emil yang mengenakan peci dan baju berwarna hitam dari dalam mobil.

Warga di Kota Cimahi pun berbaris di atas Jembatan Baros, Kota Cimahi, untuk menyaksikan iring-iringan kendaraan yang membawa jenazah Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril menuju ke permakaman di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Berdasarkan pantauan detikJabar, Senin (13/6/2022) pukul 09.45 WIB, sejumlah warga berdiri di atas trotoar jembatan yang di bawahnya merupakan ruas Jalan Tol Purbaleunyi. Sementara kendaraannya terparkir di pinggir jalan.

Warga mengarahkan kamera ponsel mereka ke ruas jalan tol untuk mengabadikan momen saat kendaraan yang membawa jenazah putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil itu melintas ke peristirahatan terakhirnya. Nanang (49), warga Baros, sengaja menunggu iring-iringan kendaraan pengantar mendiang Eril di lokasi tersebut karena jaraknya yang dekat dengan kediamannya.

"Iya sengaja yang dekat saja, dari sini juga kelihatan. Kalau ke Bandung (Gedung Pakuan) atau Cimaung kan jauh," ucap Nanang kepada detikJabar.

Nanang mengaku sejak awal berita hilangnya Eril di Sungai Aare, Bern, Swiss, ia tak lepas mengikuti perkembangannya. Sampai akhirnya Eril ditemukan meninggal dunia dua pekan kemudian.

"Saya update terus beritanya setiap hari. Kami sebagai warga Cimahi hanya bisa mendoakan semoga husnulkhatimah. Saya ikut sedih," kata Nanang.

Di Lokasi Pemakaman, Cimaung

Warga menyesaki area permakaman Emmeril Kahn Mumtadz. Para pelayat itu antusias untuk melihat prosesi pemakaman putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu.

Eril dimakamkan di Baitul Ridwan Islamic Center, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (13/5/2022). Pantauan di lapangan pada pukul 10.10 WIB, warga yang datang ke area pemakaman makin banyak. Beberapa warga berkerumun di gerbang masuk ke area pemakaman.

Warga Padati Area Makam ErilWarga Padati Area Makam Eril Foto: Dony Indra Ramadhan

Selain itu, terlihat sejumlah pelajar berseragam berjejer di sepanjang jalan menuju ke lokasi pemakaman. Arus lalu lintas pun sedikit tersendat.

Sejumlah petugas gabungan polisi hingga Dishub sudah bersiaga di jalur menuju ke lokasi pemakaman. Petugas tampak sibuk mengatur arus lalu lintas dan warga yang berkerumun.

"Ini rombongan dari Banjaran. Sengaja datang ke sini mau takziah. Saya terharu, meski bukan siapa-siapa rapi ikut sedih," ucap Imas (53) salah seorang warga.

(yum/yum)