Nasi Padang Babi Bikin Geger Jakarta

Kabar Nasional

Nasi Padang Babi Bikin Geger Jakarta

Tim detiknews & detikfood - detikJabar
Jumat, 10 Jun 2022 16:35 WIB
Heboh Nasi Padang Babi di Jakarta, Ini Fakta Terbarunya
Menu nasi Padang babi. (Foto: Site/Instagram/GrabFoodMerch)
Bandung -

Kemunculan usaha online kuliner nasi Padang menggunakan daging babi sebagai lauknya bikin geger Jakarta. Kehadirannya langsung menuai sorotan berbagai pihak.

Pemilik usaha kuliner masakan khas Minangkabau itu pun dibawa ke Polsek Kelapa Gading, Jakarta Utara (Jakut). Pemilik tersebut akan dimintai keterangan terlebih dahulu oleh pihak kepolisian.

"Dibawa ke Polsek dulu, kita mintai keterangan dulu," kata Kapolsek Kelapa Gading Kompol Vokky Sagala di Kantor RW 11 Kelurahan Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, dikutip detikJabar dari detiknews, Jumat (10/6/2022).


Vokky mengatakan pihaknya akan memberikan keterangan lebih lanjut setelah pemilik usaha tersebut selesai diperiksa. Dia menyebut akan membawanya ke Kantor Polsek terlebih dahulu.

"Nanti ya kita kasih keterangan, ini dibawa dulu. Di Polsek aja, ya," katanya.

Pantauan detikcom di lokasi, pukul 15.08 WIB, tampak pihak Kepolisian Kelapa Gading, Dinas Perindustrian Perdagangan DKI, Kecamatan Kelapa Gading, pihak Kelurahan Kelapa Gading Timur, serta pemilik usaha keluar dari sebuah ruangan. Mereka disebutkan telah rapat membahas usaha kuliner Minangkabau berbahan dasar daging babi.

Terlihat pemilik usaha tersebut menggunakan pakaian hitam dengan masker hitam. Setelah keluar dari ruang rapat, mereka berfoto terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai bukti. Kemudian dia langsung dibawa ke Polsek Kelapa Gading untuk dimintai keterangan.

Diberitakan sebelumnya, usaha kuliner yang menjual menu nasi Padang dengan bahan dasar babi heboh di masyarakat. Menurut Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) Andre Rosiade, usaha kuliner tersebut bernama Babiambo.

"Sebagai Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang, saya sudah mendengar soal restoran di Jakarta yang bikin keresahan masyarakat Minang. Hal ini disebabkan restoran bernama Babiambo itu mengolah daging babi menjadi masakan berupa rendang," kata Andre Rosiade dalam keterangannya, Jumat (10/6).

Fakta-fakta Nasi Padang Babi

Hadirnya usaha makanan online yang menjual nasi rames Padang dengan lauk non-halal, yaitu menggunakan daging babi jadi sorotan. Menu nasi Padang dengan lauk babi ini rupanya memicu kritikan dari Anggota DPR RI, Dapil Sumatera Barat 2, Gusparandi Gaus.

Politisi asal Sumatera Barat ini sangat terkejut dengan kemunculan nasi Padang non-halal yang berbahan dasar daging babi, dan sedang jadi sorotan di media sosial. Tempat makan yang terletak di wilayah Kelapa Gading, Jakarta ini memang menjual makanan khas Minang.

Seperti rendang, sayur singkong hingga sambal cabe ijo. Hanya saja daging sapi dan daging ayam diganti dengan babi. Sampai kini topik nasi Padang non-halal ini masih ramai dibicarakan.

Berikut beberapa fakta terkait seputar munculnya kuliner Minang dengan daging babi ini dikutip detikJabar dari detikfood:

1. Dikritik Anggota DPR RI

Kritik dan keberatan atas hadirnya kuliner Minang non-halal ini disampaikan langsung oleh Agus Guspardi.

"Pemilik mempromosikan melalui platform daring pesan antar di mana terpampang jelas aneka masakan Minang nonhalal, nasi babi bakar, nasi babi rendang, gulai babi, nasi ramas babiambo, dan menu-menu lainnya. Bahkan, dalam keterangan di akun Instagram babiambo, dengan jemawanya menyebut sebagai yang pertama makanan padang nonhalal di Indonesia," kritiknya.



Simak Video "5 Fakta Nasi Padang Babi yang Viral di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]