Round-Up

Saat Jokowi dan Ma'ruf Amin Tersentuh Duka Ridwan Kamil

Bima Bagaskara - detikJabar
Minggu, 05 Jun 2022 07:30 WIB
Presiden Joko Widodo sampaikan duka untuk Ridwan Kamil.
Presiden Joko Widodo menyampaikan duka untuk Ridwan Kamil. (Foto: Biro Pers Setpres)
Bandung -

Sejumlah kepala daerah seperti Wali Kota Bogor Bima Arya, Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Bupati Karawang Cellica, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, hingga Gubernur Jambi Al Haris berbondong-bondong datang ke Gedung Pakuan pada Sabtu (4/6/2022).

Para kepala daerah ini datang untuk bertakziah ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang tengah berduka atas meninggalnya putra sulung mereka, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss. Warga juga berbondong-bondong ke lokasi untuk menyampaikan duka.

Ucapan belasungkawa juga datang dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Meski keduanya tidak hadir langsung di Gedung Pakuan, namun doa dan ungkapan belasungkawa disampaikan dua pimpinan negara ini secara langsung.


"Pertama-tama saya atas nama pribadi, bangsa, dan negara menyampaikan duka cita yang mendalam atas kepergian Ananda Emmeril Kahn Mumtadz. Innalillaahi wa innailaihi rojiun. Kami mendoakan semoga almarhum diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.

Jokowi mengungkapkan dirinya sebagai orang tua turut merasakan apa yang kini sedang dirasakan oleh Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, atas meninggalnya Eril.

"Namun saya melihat bagaimana ketabahan dan ketegaran Pak Emil dan Ibu Atalia dalam menghadapi musibah dan ini menjadi teladan bagi kita semuanya. Sekali lagi, saya sampaikan turut belasungkawa," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga turut mendoakan seluruh keluarga almarhum Eril agar diberikan ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi musibah tersebut.

Wapres Ma'ruf Amin saat melakukan panggilan video dengan Ridwan Kamil.Wapres Ma'ruf Amin saat melakukan panggilan video dengan Ridwan Kamil. Foto: wapresri.go.id



Di tempat terpisah, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga turut menyampaikan belasungkawa mendalam atas meninggalnya Eril. Bersama istrinya, Ma'ruf Amin menyempatkan melakukan panggilan video langsung kepada Kang Emil di sela-sela kegiatannya berkunjung ke Surabaya.

"Saya ikut menyampaikan duka cita kepada Ananda Eril, Emeril Khan Mumtadz, mudah-mudahan diterima di sisi Allah SWT dan keluarga diberi kesabaran, ketabahan," ujar Ma'ruf Amin di Ruang Tunggu VVIP Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.

"Allahummaghfirlahu warhamhu wa 'aafihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu, wa wassi' madkholahu. Allahuma naqihi minal khotoya kama yunaqqo tsawabi abyadu minad danas. allahuma zid fii ihsani watajawaz an sayiati," ungkapnya mendoakan.

Mendengar doa dari Ma'ruf Amin, Kang Emil langsung mengungkapkan rasa syukur lantaran banyak pihak yang telah mendoakan putra sulungnya itu. Kang Emil juga menyatakan telah ikhlas atas kepergian Eril.

"Alhamdulillah banyak yang mendoakan. Kami sudah mengikhlaskan, insyaallah dengan doa dari Abah Kiai dan ibu," tutur Emil.

Eril sendiri diyakini telah meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Aare. Eril pertama kali dilaporkan hilang pada Kamis 26 Mei 2022, segala upaya pencarian terhadap Eril telah dilakukan. Namun hingga hari ini, tim SAR setempat belum berhasil menemukan Eril.



Simak Video "Begal Dikeroyok Warga di Bandung, Disebut Sempat Todongkan Pistol"
[Gambas:Video 20detik]
(bba/ors)