Menyusuri Kenangan Eril Saat Berfoto di Masjid Rancangan Ridwan Kamil

Nur Azis, Whisnu Pradana - detikJabar
Jumat, 03 Jun 2022 18:00 WIB
Masjid Al-Irsyad, Bandung Barat.
Masjid Al-Irsyad, Bandung Barat (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar).
Bandung Barat -

Masjid Al Irsyad di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi saksi rasa cinta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada putranya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril).

Hal itu dibuktikan dengan foto profil akun Instagram pribadi milik Ridwan Kamil menggunakan foto anaknya Eril yang masih kecil. Dalam foto hitam putih itu tampak Eril kecil duduk di mihrab Masjid Al Irsyad, di hadapannya batu bulat bertuliskan lafaz Allah.

Foto itu juga seolah menjadi luapan perasaan pria yang akrab disapa Kang Emil itu terhadap putranya Eril yang hilang terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss pada 26 Mei 2022 lalu hingga dinyatakan meninggal dunia pada Jumat (3/6/2022).


Masjid Al Irsyad sendiri seolah tak bisa dilepaskan dari nama Ridwan Kamil. Mengingat Emil juga lah yang merancang masjid dengan bentuk bangunan yang unik dan mengusung konsep green mosque tersebut.

"Beliau bersama keluarganya memang sering salat di Masjid Al Irsyad, baik salat lima waktu maupun Salat Jumat. Itu sebelum Pak Ridwan Kamil menjadi wali kota dan gubernur," ujar Ketua DKM Al-Irsyad Ahmad Hairuddin kepada detikJabar, Jumat (3/6/2022).

Eril Berfoto di Mihrab Masjid Al IrsyadEril Berfoto di Mihrab Masjid Al Irsyad Foto: Istimewa

Setelah Emil memimpin Kota Bandung dan Jawa Barat, praktis ia sudah jarang mengunjungi Masjid Al Irsyad. Namun pihak DKM Al Irsyad menyebut jika masjid tersebut merupakan salah satu masjid favorit Emil.

"Seingat saya bersama dengan keluarganya, tapi kalau soal detail ananda Eril difoto di mihrab tahun berapa itu saya juga kurang hapal," ucap Ahmad.

Usai pihak keluarga menyatakan Eril meninggal dunia, ribuan jemaah yang melaksanakan salat jumat di masjid tersebut turut melaksanakan salat gaib serta doa bersama.

Ahmad mewakili pengurus serta jemaah Masjid Al Irsyad menyampaikan rasa bela sungkawa atas meninggalnya Eril. Ia berharap pihak keluarga senantiasa diberikan ketabahan dan kesabaran.

Ahmad mengutip ayat dari Alquran Surat At Taghabun ayat 11 segala musibah yang dialami manusia itu atas seizin Allah SWT. Lalu dalam Surat Lukman ayat 34 juga disebutkan manusia tidak akan tahu di bumi mana dan di tanah mana manusia akan mati.

"Kami segenap pengurus dan jemaah Masjid Al Irysad turut berbela sungkawa bagi keluarga Pak Ridwan Kamil. Menurut Rasulullah dalam hadis sahih, dijelaskan orang yang mati dalam keadaan hanyut atau tenggelam Insya Allah syahid dan masuk surga. Semoga Almarhum Eril tergolong di antara manusia yang syahid dan tidak dihisab lagi di alam kubur," ujar Ahmad.

Salat Gaib di Sumedang untuk Eril

Sementara itu, ratusan ASN bersama warga Sumedang menggelar salat gaib untuk Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Salat gaib digelar sebelum pelaksanaan ibadah salat Jumat

Mereka tampak begitu khusyuk mendokan putra sulung Ridwan Kamil yang telah dinyatakan meninggal dunia. Setelah salat Jumat, para jemaah pun melanjutkannya dengan doa bersama yang diikuti pula oleh jemaah perempuan.

Sekda Sumedang Herman Suryatman mengatakan salat gaib yang digelar untuk mendoakan Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Kami Pemerintahan Daerah Kabupaten Sumedang bersama JabarBergerak dan warga melaksanakan salat gaib dan doa bersama untuk putra Ridwan Kamil," ucap Herman seusai pelaksanaan salat gaib.

Dalam kesempatan itu, Herman mengucapkan turut berduka namun juga berharap masih ada keajaiban dalam pencarian Eril di hari ke delapan ini.

"Harapan tetap semoga ditemukan dalam keadaan selamat namun jika Allah berkehendak lain bahwa ananda Eril telah berpulang ke rahmatullah, inshaa Allah Ananda Eril khusnul khatimah dan sahid masuk surga," paparnya.

Ia pun tidak lupa mengajak warga Jawa Barat untuk turut mendoakan Ridwan Kamil bersama keluarganya agar diberikan kekuatan, ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi musibah ini.

"Bapak Ridwan Kamil pemimpin kita dan ini cobaan luar biasa, satu sisi diberi ujian yang berat di satu sisi memimpin Jawa Barat, mari kita doakan bersama semoga beliau dberi ketabahan, kesabaran, keikhlasan dan ketawakalan dengan cobaan yang sedang dihadapinya," tuturnya.

Salat gaib juga diserukan oleh Majelis Ulama Indonesia, Provinsi Jawa Barat dimana masyarakat muslim diimbau unntuk menggelar salat gaib pada hari ini seiring pencarian Eril yang memasuki hari ke-8.

"Kita juga serukan ke setiap DKM untuk bersama sama melaksanakan salat gaib dan doa bersama untuk Eril," ucap Herman.

(mso/mso)