Respons PAN Jabar Usai Kadernya di Subang Terjerat Ijazah Palsu

Dwiky Maulana Vellayati - detikJabar
Selasa, 17 Mei 2022 18:03 WIB
Ilustrasi Ijazah Palsu. Andhika Akbarayansyah/Infografis.
Ilustrasi ijazah palsu. (Foto: Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Subang -

Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat menanggapi kasus kader PAN Kabupaten Subang Popon Supriatin yang terjerat kasus dugaan ijazah palsu sewaktu mendaftar caleg DPRD Subang tahun 2019 lalu.

Sekertaris DPW PAN Jawa Barat Hasbullah Rahmad, mengatakan, ia belum mendapatkan informasi pasti tersebut dari kepengurusan DPD partai PAN Kabupaten Subang.

"Jujur saya tidak tahu kasus itu, baru tahu dari media saja. Kalaupun benar, kita ikuti proses hukum. Apabila sudah ditangani Polres Subang kita mendukung," ujar Hasbullah Rahmad saat dihubungi detikJabar, Selasa (17/5/2022).


Menurutnya, pihak DPW PAN Jabar akan langsung berkoordinasi dengan DPD PAN Subang. Ia akan meminta kepada DPD PAN Subang untuk tidak memperkeruh suasana serta tetap menjaga soliditas internal partai.

"PAN Subang tidak perlu memperkeruh keadaan, intinya tetap solid aja. Ini kan dari polisi hanya menahan selama 20 hari, masih dalam penyidikan juga," katanya.

Meski begitu, menurutnya jika kader PAN Subang atas nama Popon terbukti bersalah, nantinya DPW PAN Jawa Barat akan menerima dan mengapresiasi pihak kepolisian yang mengungkap kasus tanpa pandang bulu.

"Kalau misalkan terbukti menggunakan ijazah palsu juga kita terima. Nanti akan saya koordinasikan dengan PAN subang tentunya," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, politisi PAN Kabupaten Subang itu, bernama Popon Supriatin yang ditahan terkait kasus dugaan ijasah palsu Strata 1 (S1) STAI Yamisa Soreang, Kabupaten Bandung, yang dimilikinya.

Penahanan politisi yang akan menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Subang tersebut berawal kasus dugaan ijasah palsu Popon Supriatin yang dilaporkan Sri Rahayu Sugiharti, sesama kader DPD PAN Subang.

Sementara itu, hingga saat ini detikJabar masih belum mendapatkan respons setelah mencoba menghubungi untuk meminta konfirmasi kepada beberapa pengurus DPD PAN Kabupaten Subang maupun anggota DPRD Kabupaten Subang dari Fraksi PAN.



Simak Video "Cikancung Bandung Banjir, Bikin Banyak Motor Mogok"
[Gambas:Video 20detik]
(ors/ors)