Round-Up

Babak Akhir Bakso Tikus Karawang yang Ternyata Urat Sapi

Yuda Febrian Silitonga - detikJabar
Jumat, 13 Mei 2022 19:10 WIB
Tangkapan layar video viral bakso diduga daging tikus.
Video viral diduga bakso tikus di Karawang. (Foto: Istimewa)
Karawang -

Warga Karawang dihebohkan unggahan pemilik akun Tiktok @leogirl631. Video curhatannya tentang bakso diduga daging tikus itu dilihat jutaan warganet.

Dari unggahan @leogirl631 yang dilihat detikJabar pada Sabtu (7/5/2022) lalu, membuat publik Karawang gempar hingga beragam asumsi berkembang. Merespon hal itu, kepolisian lalu melakukan penyelidikan.

"Kami akan segera cek kebenarannya," kata Kapolres AKBP Aldi Subartono saat dihubungi melalui telepon selular.


Selain kepolisian, Paguyuban Mie Ayam dan Bakso (Papmiso) Karawang pun merasa resah, dan akan melakukan langkah hukum atas unggahan tersebuut.

Ketua Papmiso Karawang Supriyadi Chepi mengatakan ia baru mengetahui adanya video itu dari anaknya dan mengakui sangat meresahkan para pedagang bakso di Karawang.

"Saya baru tahu tadi malam sama anak saya, video itu sangat meresahkan apalagi keterangannya belum jelas disampaikan di mana-mananya, dan kami akan segera buat langkah hukum atas postingan itu," ucap Supri yang sering disapa Mas Pri saat dihubungi melalui telepon selular.

Selanjutnya, saat dilihat detikJabar pada Sabtu malam, unggahan viral yang diduga daging tikus sudah dihapus pemilik akun. Pemilik akun pun menjelaskan bahwa sudah memercayakan kepada polisi untuk membuktikan komentar netizen di akunnya yang berspekulasi mengenai wujud daging bakso tak biasa itu.

"Masalah ini jangan diperpanjang, karena sudah diserahkan semuanya kepada pihak berwajib. Saya sudah menjelaskan semuanya kepada pihak berwajib," kata pemilik akun @leogirl631 saat berbincang bersama detikJabar via sambungan telepon, Minggu (8/5/2022) lalu.

@leogirl631 menegaskan tak berniat memicu polemik dan tidak bermaksud mencemarkan bisnis pedagang bakso. Bahkan, ia pun sengaja menyembunyikan identitas dan lokasi tempat penjual bakso.

Maka itu, dia menyerahkan sepenuhnya penanganan masalah bakso itu kepada polisi. "Semua yang menjalankan tugasnya dari Polres Karawang, bagian Reskrim," ucap @leogirl631.

Polisian menindaklanjuti kasus ini dengan mengambil dua sampel bakso dari sisa bakso yang viral dan lokasi yang diduga menggunakan daging tikus.

Dari hasil laboratorium, beragam asumsi publik soal bakso diduga daging tikus akhirnya terjawab. Ternyata bukan ekor tikus, melainkan daging sapi.

Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmav) Siti Komalaningsih mengatakan dari hasil laboratorium itu bakso dipastikan bukan berbahan tikus. Pengujian itu melibatkan Kementerian Pertanian dan Tim Laboratorium Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi.

"Bukan ekor tikus atau negatif daging tikus, itu bagian urat daging sapi," kata Siti dalam konferensi pers yang diselenggarakan oleh Polres Karawang, pada Jum'at (13/5/2022) siang.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Yayuk Sri Rahayu mengungkapkan pemilik bakso yang menjual sampel bakso yang diuji sebelumnya telah tersertifikasi laik enzim dan terdaftar sebagai bagian Papmiso di Karawang.

"Bakso merupakan makanan siap saji yang memiliki kandungan gizi cukup baik. Untuk bakso Mas Aji terkandung dalam keanggotaan Papmiso, bakso tersebut memiliki sertifikat laik enzim. Sehingga terjamin, baik kualitas penyajian dan tempatnya. Hasil laboratorium tidak terbukti daging tikus, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," tutur Yayuk.

Dari hasil itu pun, Papmiso Indonesia memaafkan pemilik akun Tiktok @leogirl631 dan tidak akan melanjutkan langkah hukum.

"Sebagai orang timur, kami tidak akan membuat langkah hukum atas unggahan yang dibuat oleh akun TikTok tersebut. Dan kami sudah memaafkannya," kata Ketua Umum Papmiso Indonesia Bambang Haryanto konferensi pers bakso tikus di di Mapolres Karawang.



Simak Video "Cikancung Bandung Banjir, Bikin Banyak Motor Mogok"
[Gambas:Video 20detik]
(ors/ors)