Jabarpedia

7 Stasiun Kereta Paling Beken di Bandung Raya

Bima Bagaskara - detikJabar
Selasa, 10 Mei 2022 17:00 WIB
Stasiun Bandung
Stasiun Bandung (Foto: Baban Gandapurnama)
Bandung -

Perjalanan menggunakan moda transportasi kereta api masih menjadi favorit bagi warga Indonesia. Kereta api dianggap sebagai transportasi yang nyaman dan cepat.

Majunya dunia perkeretaapian di Indonesia membuat banyak stasiun saat ini telah berevolusi. Stasiun bukan hanya sebagai tempat pemberhentian kereta saja, namun banyak stasiun yang memiliki bangunan estetik dan menarik untuk dikunjungi.

Di Bandung Raya, setidaknya ada tujuh stasiun yang bisa dikunjungi ketika berjalan-jalan menggunakan kereta api. Berikut tujuh stasiun yang ada di Bandung Raya dilansir dari laman heritage.kai.id.


Stasiun Bandung

Stasiun Bandung.Stasiun Bandung. Foto: Bima Bagaskara/detikJabar

Stasiun yang juga dikenal dengan sebutan Stasiun Hall ini merupakan stasiun besar tipe A yang berlokasi di Jalan Stasiun Barat, Kebon Jeruk, Andir, Kota Bandung.

Stasiun yang dibangun sekitar tahun 1873 ini berada di bawah pengelolaan PT KAI Daop 2 Bandung. Stasiun ini menjadi penghubung perjalanan kereta api dari Bandung ke kota-kota besar seperti Jakarta dan Yogyakarta.

Stasiun Bandung juga telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya yang terdaftar di Peraturan Daerah Kota Bandung berdasarkan Perda Nomor 19 Tahun 2009.

Stasiun Kiaracondong

Aktivitas di Stasiun Kiaracondong Bandung  mulai bergeliat, satu hari setelah periode larangan mudik berakhir, Selasa (18/5/2021).Aktivitas di Stasiun Kiaracondong Bandung mulai bergeliat, satu hari setelah periode larangan mudik berakhir, Selasa (18/5/2021). Foto: Yudha Maulana

Stasiun Kiaracondong atau dikenal dengan sebutan Stasiun Kircon adalah stasiun besar tipe B di Kota Bandung. Stasiun ini berada di Jalan Kebun Jayanti, Kiaracondong, Kota Bandung.

Stasiun ini menjadi tempat pemberangkatan bagi kereta api kelas ekonomi yang semula semua kereta diberangkatkan dari Stasiun Bandung.

Belum diketahui secara pasti kapan dibangunnya Stasiun Kiaracondong ini. Namun diketahui Stasiun Kiaracondong awalnya merupakan sebuah stooplats yang pada tahun 1898 sudah terdapat jadwal perjalanan kereta api yang singgah di Stooplats Kiaracondong.

Stasiun Padalarang

Penumpang kereta di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, melonjak 4 kali lipat.Penumpang kereta di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, melonjak 4 kali lipat. Foto: Yudha Maulana

Stasiun Padalarang berlokasi di Jalan Cihaliwung, Kertamulya, Padalarang, Bandung Barat. Stasiun ini berada di ketinggian +695 mdpl.

Pasar Cihaliwung berada dekat dengan Stasiun Padalarang. Selain itu, bongkar muat batu balast juga terletak di stasiun ini.

Stasiun Padalarang memiliki 2 cabang rel di bagian timur, yaitu sebelah kiri menuju Sukabumi (Jalur KA Manggarai - Padalarang), dan jalur kanan menuju Purwakarta (Jalur KA Cikampek - Padalarang).

Bangunan stasiun ini memiliki gaya hindies dan menggunakan kayu jati sebagai bahan utamanya.

Stasiun Cimahi

Stasiun Cimahi awalnya merupakan sebuah halte yang dibuka pada 17 Mei 1884 bersamaan peresmian jalur kereta api Cianjur - Bandung.

Jalur tersebut merupakan bagian dari pembangunan jaringan kereta api pertama di tanah Priangan yang meliputi Bogor - Bandung - Cicalengka.

Pasca dibangun stasiun baru, kereta api yang melintasi Stasiun Cimahi pun melonjak lima kali lipat. Berdasarkan panduan perjalan resmi kereta api, terdapat 22 kereta api yang berhenti di Stasiun Cimahi. Keseluruhan kereta tersebut meliputi rute Cimahi-Bandung, Bandung-Purwakarta, Bandung-Padalarang dan Bandung-Cikampek.

Stasiun Cicalengka

Pembangunan rel ganda kereta api (KA) yang menghubungkan Stasiun Kiaraconding hingga Stasiun Cicalengka terus dikebut. Seperti apa progresnya?Pembangunan rel ganda kereta api (KA) yang menghubungkan Stasiun Kiaraconding hingga Stasiun Cicalengka terus dikebut. Seperti apa progresnya? Foto: Wisma Putra/detikcom

Stasiun Cicalengka merupakan stasiun kereta api yang terletak di Jalan Stasiun Cicalengka, Cicalengka Wetan, Cicalengka, Bandung.

Stasiun yang terletak pada ketinggian +689 mdpl ini berada di bawah pengelolaan Daop 2 Bandung. Stasiun ini tak jauh dari jalan raya Cicalengka-Majalaya.

Stasiun Rancaekek

Presiden Jokowi menyapa warga di Stasiun Rancaekek saat hendak menuju Garut, Jawa BaratPresiden Jokowi menyapa warga di Stasiun Rancaekek saat hendak menuju Garut, Jawa Barat Foto: Ray Jordan/detikcom

Stasiun Rancaekek merupakan stasiun kereta api yang terletak di Rancaekek Wetan, Rancaekek, Bandung.

Stasiun buatan perusahaan kereta api negara Staatspoorwegen ini berada di Daop 2 Bandung. Stasiun ini memiliki 3 jalur kereta api dan memiliki 2 bangunan yaitu bangunan utara dan selatan.

Dahulu dari stasiun ini terdapat jalur rel menuju Jatinangor, Sumedang, yang sudah dipreteli pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, untuk diangkut ke Bayah, Lebak, guna pembuatan jalur kereta pengangkut batu bara.

Stasiun Andir

Ini adalah stasiun kereta api kelas 3 yang terletak di Jalan Ciroyom, Andir, Kota Bandung.NSebelum ada Stasiun Ciroyom, dahulu stasiun ini sebagai tempat pemberhentian baik KA lokal maupun KRD ekonomi.

Pada tahun 2008, KRD ekonomi diperbolehkan kembali berhenti di stasiun ini. Namun karena alasan terganggunya perjalanan baik kereta api maupun kendaraan bermotor, membuat kebijakan ini di cabut kembali. Saat ini Stasiun Andir hanya berfungsi sebagai rumah sinyal.

(bba/yum)