Cerita Warga Subang Terjebak Macet Berjam-jam di Lingkar Jalancagak

Dwiky Maulana Vellayati - detikJabar
Rabu, 04 Mei 2022 19:03 WIB
Kondisi arus lalu lintasi di Jalan Lingkar Jalancagak, Kabupaten Subang, Rabu (4/5/2022).
Kondisi arus lalu lintasi di Jalan Lingkar Jalancagak, Kabupaten Subang, Rabu (4/5/2022). (Foto: Dwiky Maulana Vellayati/detikJabar)
Subang -

Momen liburan lebaran 2022 sudah terasa di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pasalnya tidak sedikit masyarakat yang hendak liburan ke wilayah Selatan dari Subang sudah mulai dipadati wisatawan.

Berdasarkan pantauan detikJabar Rabu (4/5/2022), di Jalur Lingkar Jalancagak, menuju Ciater Subang maupun Bandung, kendaraan wisatawan dari roda dua maupun roda empat sudah memadati jalur ke wilayah Selatan Kabupaten Subang.

Kondisi arus lalu lintas sendiri terlihat padat merayap yang dimana kendaraan banyak didominasi oleh masyarakat dari luar wilayah Kabupaten Subang.


Salah satu masyarakat asal Kabupaten Purwakarta, Sri Kurnia Ratnasari (31) mengatakan, selama perjalanan arus lalulintas mulai dari perbatasan Kabupaten Purwakarta dan Subang mulai terlihat ramai dan sesekali terjadi kemacetan.

"Selama perjalanan sudah terasa arus lalulintas mulai dari perbatasan Purwakarta ke Subang udah padat namun lancar, hanya saja saat melewati Jalur Lingkar Jalancagak terjadi kemacetan," ujar Sri kepada detikJabar di Lingkar Jalancagak, Subang.

Dirinya yang ingin berwisata bersama keluarganya ke Gunung Tangkuban Parahu, Kabupaten Subang, ini rela mengantre berjam-jam saat melintasi Jalur Lingkar Jalancagak.

"Hampir satu jam disini (Lingkar Jalancagak) majunya pelan-pelan lancarnya cuman sebentar, katanya mah sih macetnya ini sampai ke Ciater," katanya.

Selain wisatawan, terdapat beberapa masyarakat yang hanya ingin melintasi melewati Jalur Ciater Subang menuju Bandung ini yang terkena kemacetan.

Hal itu dirasakan oleh Hidayat (39) seorang pengendara roda empat yang menempuh perjalanan dari Cikampek menuju Bandung terjebak macet di wilayah Jalan Lingkar Jalancagak, Subang.

"Saya mau ke Bandung emang mau pulang dikirain lewat jalan Ciater sini enggak macet jadi lewat sini eh tahunya malah macet panjang," ujar Hidayat di lokasi yang sama.

Sementara itu, berdasarkan informasi kemacetan menuju Jalur Selatan Subang menuju Bandung ini terjadi sepanjang 13 Kilometer. Antusiasme tinggi dari masyarakat yang ingin libur lebaran menjadi salah satu faktor utama terjadinya kemacetan di wilayah Selatan Subang maupun ke wilayah Bandung.



Simak Video "4 Orang Komplotan Curanmor Bandung Diamankan, 15 Motor Disita"
[Gambas:Video 20detik]
(bbn/yum)