Tebing 25 Meter Longsor di Ciater, Akses Bandung-Subang Sempat Tertutup

Dwiky Maulana Vellayati - detikJabar
Senin, 02 Mei 2022 17:34 WIB
Antrean kendaraan di Ciater, imbas longsor yang terjadi di Jalan Raya Bandung-Subang
Antrean kendaraan di Ciater, imbas longsor yang terjadi di Jalan Raya Bandung-Subang (Foto: istimewa)
Subang -

Tebing setinggi 25 meter longsor di Jalan Raya Subang-Bandung, tepatnya di sekitar Tugu Dua Anak Ciater, Ciater, Subang pada Senin (25/5/2022).

Dari informasi yang didapatkan detikJabar, longsor tersebut terjadi diakibatkan intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah Ciater dan sekitarnya sejak siang hari.

Ketua Tanggap Gawat Bencana (Tagana) Kabupaten Subang Jajang mengatakan, longsor yang menutup jalan Ciater tersebut terjadi pada pukul 14.00 WIB.


"Kejadian jam 14.00 WIB, intensitas hujan yang tinggi mengguyur wilayah ciater dari sebelum dzuhur," ujar Jajang kepada detikJabar saat dihubungi.

Menurutnya, hingga saat ini masih terlihat retakan di titik longsor dan berpotensi akan adanya longsor susulan.

Longsor tebing sempat menutupi jalan Ciater-SubangLongsor tebing sempat menutupi jalan Ciater-Subang Foto: Dwiky Maulana Vellayati/detikJabar

"Tebingnya diperkirakan setinggi 25 meter yang mengalami longsor. Sampai saat ini masih ada retakan potensi longsor susulan," katanya.

Bahkan, lanjut Jajang, arus lalu lintas sendiri sempat tersendat dari arah Subang menuju Bandung karena jalan yang tertutup dari tanah longsor.

"Lalu lintas sempat tersendat karena satu jalur tertutup longsor. Harus berhati-hati pengguna jalan yang akan ke wilayah Selatan Subang apalagi kalo ingin berwisata soalnya potensi longsor sama jalan licin akibat longsor masih ada," ucapnya.

"Sekarang juga masih hujan deras, kepada masyarakat harus berhati-hati," kata Jajang menambahkan.

(bbn/yum)