Serba-serbi Ramadan

Boleh Enggak Pegang Tangan Pacar di Bulan Ramadan?

Rifat Alhamidi - detikJabar
Selasa, 12 Apr 2022 09:57 WIB
pegangan tangan
Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Bandung -

Hampir setiap Ramadan selalu ada pertanyaan yang terus diulang. Di antaranya, bagaimana hukum suami mencium istri di bulan Ramadan, hukum berpegangan tangan dengan lawan jenis yang bukan mahram dan sebagainya.

detikJabar berbincang dengan Sekretaris MUI Kota Bandung Asep Ahmad Fathurrohman, belum lama ini. Ia memberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan 'langganan' tersebut. Apa saja pertanyaan dan jawabannya?

Apa Hukumnya Pegangan Tangan dengan Pacar Saat Puasa Ramadan ?

Kalau bukan suami istri mah haram, jangankan ketika puasa, di luar puasa aja haram kalau bukan suami istri. Kalau suami istri tidak membatalkan, kalau bukan suami istri enggak boleh. Tapi tidak membatalkan puasa, misalkan jalan-jalan sore/pagi, pegangan tangan, itu puasanya ga batal, tapi mengurangi pahala, karena dia sudah mengerjakan sesuatu yang diharamkan, enggak boleh.


Suami Peluk dan Cium Kening Istri, Apakah Membatalkan Puasa ?

Ya boleh-boleh saja, tidak membatalkan. Asal tidak melebihi batasan, kan yang enggak boleh itu berjimanya, 'baina surah wa rukbah' itu dari perut ke bawah, lutut ke atas, itu enggak boleh macem-macem kalau sudah ke situ nanti bahaya.

Kalau terjadi berjima, apalagi sedang berpuasa di siang hari, hukumannya besar harus berpuasa dua bulan berturut-turut.

Kalau mencium kening enggak apa-apa, tidak membatalkan, berpegangan tangan enggak apa-apa, yang penting jangan dari perut ke bawah, lutut ke atas, khawatir kalau sudah masuk ke sana nanti Namanya juga manusia, puasa aja menahan.



Simak Video "Fakta-fakta Seputar Banjir Bandang yang Menerjang Garut"
[Gambas:Video 20detik]
(ral/yum)