Aneh tapi Nyata: Kisah Gibran Tak Temukan Rembulan di Gunung Guntur

Aneh tapi Nyata: Kisah Gibran Tak Temukan Rembulan di Gunung Guntur

Hakim Ghani - detikJabar
Senin, 14 Mar 2022 19:00 WIB
Tim detikcom bersama Sat Samapta Polres Garut berserta Ade Leji (Kuncen) Gunung Guntur berkesempatan menelusuri Curug Cikoneng tempat Gibran pertama ditemukan.
Napak Tilas Curug Cikoneng TKP Ditemukannya Gibran di Gunung Guntur (Foto: Muhammad Ridho)
Garut -

Gibran Arrasyid (14), pendaki asal Garut hilang misterius saat mendaki di Gunung Guntur bersama rekan-rekannya. Dia menghilang selama lima hari dan berhasil ditemukan selamat sedang melamun di aliran Sungai Cikoneng.

Kejadian tersebut berlangsung pada bulan September 2021, tepatnya hari Jumat tanggal 19. Saat itu, Gibran muncak dengan lima orang temannya ke gunung yang berlokasi di Kecamatan Tarogong Kaler itu.

Dia kemudian berhasil ditemukan Jumat, 24 September di aliran Sungai Cikoneng oleh seorang tokoh masyarakat setempat sekaligus kuncen Gunung Guntur, Ade Leji (55). Ade Leji saat itu sempat menuturkan, Gibran ditemukan tengah diam dengan tatapan kosong di atas sebuah batu di Curug Cikoneng.


Menurut Ade, Gibran ditemukan di tempat yang selama tiga hari dilalui tim SAR gabungan yang berbondong-bondong melakukan pencarian. "Pasti tidak kelihatan karena Gibran ada di alam gaib," kata Ade Leji.

Hilangnya Gibran secara misterius di Gunung Guntur itu sarat hal mistis. Usai menjalani perawatan dan kembali pulih perlahan, Gibran memberikan kesaksiannya selama lima hari menghilang secara misterius itu.

Salah satu pengakuannya adalah, Gibran tak pernah menemukan adanya malam hari selama lima hari dia menghilang. "Terang aja gitu, gak ada malam hari," kata Gibran beberapa waktu lalu.

Gibran mengatakan, selama lima hari itu, dirinya sempat bertemu dengan lima sosok misterius yang disebutnya terdiri dari empat perempuan dan seorang lelaki. Satu di antaranya sempat memberi dia makan.

"Tapi enggak saya makan, karena enggak kenal. Yang perempuan pakai baju putih, seperti udah tua," katanya.

Untuk bertahan hidup, Gibran mengaku hanya minum air dari aliran Sungai Cikoneng. Selain cerita itu, selebihnya Gibran mengaku tak tahu apa yang terjadi. Dia mengaku tak tahu kenapa dirinya berpindah dari tenda di pos tiga tempatnya bermalam ke Curug Cikoneng.

Terakhir yang diingatnya, saat berada di dalam tenda, ada seseorang yang memanggil namanya. Gibran yang penasaran kemudian berusaha untuk mencari orang tersebut.

"Gibraaan katanya... terus saya samperin," ucap Gibran.

Gibran sendiri ditemukan di Curug Cikoneng oleh Ade Leji dalam keadaan selamat usai lima hari dia menghilang. Selama lima hari tersebut, Gibran mengaku sempat berupaya menjauh dari Curug Cikoneng, namun tidak bisa.

"Naik ke tebing, tapi jatuh," tutup Gibran.



Simak Video "Aksi Jamil, Lansia di Ciamis yang Kebal Setrum"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/bbn)