Bupati Bandung Sidak ASN Mangkir di Harpitnas & Siapkan Sanksi

Yudistira Perdana Imandiar - detikJabar
Jumat, 04 Mar 2022 12:02 WIB
Bupati Bandung Sidak ASN Mangkir di Harpitnas
Foto: Pemkab Bandung
Jakarta -

Bupati Bandung H.M.Dadang Supriatna melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Kantor dan Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung di Soreang, pagi ini. Dadang mendapati sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang absen di hari 'kejepit'.

"Hari ini saya sengaja tidak ada pemberitahuan lebih awal (sidak), baik itu saya melaksanakan senam maupun sidak. Sengaja, kenapa saya ingin melihat secara langsung, kemurnian hati nuraninya, keikhlasan hati nuraninya, sehingga tidak ada kesan dipaksakan," kata Dadang dalam keterangan tertulis, Jumat (4/3/2022).

Dadang meminta Badan Kepegawaian, Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung untuk mencatat siapa saja yang absen di hari kejepit.


"Karena budayanya, biasanya kalau hari Jumat masuk, dan hari Kamis libur, biasanya ditiir. Ya, tidak masuk hari Jumat-nya. Terbukti, di BKPSDM dan Balitbangda masih ditemukan yang tidak hadir. Ini catatan yang harus serius BKPSDM mencatat dan melakukan langkah-langkah," tegas Dadang.

Dadang menuturkan kesadaran para ASN sangat penting dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Ia mengingatkan para ASN Pemkab Bandung untuk bekerja secara profesional.

"Karena bagi saya bukan istilahnya, ABS (Asal Bapak Senang). Enggak mau saya. Saya ingin konkrit, ingin realitanya seperti apa. Lebih baik kita terbuka. Jangan sampai ada kesan dipaksakan. Itu saja terima kasih, hari ini yang sudah memberikan pembelajaran, pendidikan dan pemahaman bagi saya dan pengalaman yang luar biasa," ungkap Dadang.

Ia menegaskan para ASN yang tak masuk kerja di hari Jumat ini tanpa alasan, kecuali sakit, BKPSDM akan mengeluarkan sanksi. Adapun yang bersangkutan bisa dimutasi atau dirotasi sesuai kebijakan lebih lanjut.

"Sanksi akan diberikan secara tertulis kepada siapa-siapa saja yang tidak hadir hari ini, langsung BKPSDM mengeluarkan surat. Saya nanti sore minta laporan dari BKPSDM, daftarkan, dan melaporkan, siapa saja yang tidak hadir hari ini sebagai catatan kami ke depan. Manakala akan melakukan langkah-langkah mutasi atau rotasi," kata Dadang.



Simak Video "Pemkab Bandung Gelar Operasi Pasar Demi Tekan Harga Minyak Goreng"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)