Kasus COVID-19 di Bandung Barat Nyaris Tembus 2.000 dalam 20 Hari

Whisnu Pradana - detikJabar
Senin, 21 Feb 2022 14:45 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Bandung Barat -

Kasus COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum dapat dikendalikan. Saat ini, angka kasus positif COVID-19 mencapai 1.895 orang.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Bandung Barat Agus Ganjar Hidayat mengatakan lonjakan kasus COVID-19 yang hampir menembus 2 ribu kasus itu terjadi sejak awal Februari 2022. Padahal, pada awal 2022, Bandung Barat sempat mencatatkan nol kasus positif.

"Dilihat dari perkembangannya, selama hampir tiga minggu lonjakan kasus yang ada di KBB ini mencapai 1.794 orang. Karena catatan kami di tanggal 1 Februari itu hanya ada 101 kasus positif," ujar Agus Ganjar kepada wartawan di Kantor Pemkab Bandung Barat, Senin (21/2/2022).


Dari total 1.895 kasus positif itu, Agus menyebut 1.839 orang di antaranya hanya menjalani isolasi mandiri. Sementara sisanya menjalani perawatan di rumah sakit rujukan COVID-19.

"Kemudian sebanyak 48 orang dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 di KBB, dengan sebagiannya itu merupakan warga luar KBB. Lalu, 21 orang yang positif dirawat di luar KBB," tutur Agus.

Agus mengatakan, mayoritas mereka yang terpapar COVID-19 hanya mengalami gejala ringan. Sehingga, tak banyak yang menjalani perawatan di rumah sakit.

"Dari lonjakan kasus ini juga kami bersyukur kalau kebanyakan gejalanya ringan. Jadi, cukup isolasi mandiri saja, tapi tetap dipantau oleh petugas kesehatan setiap hari, termasuk treatment-nya," tutur Agus.

Sementara sebagai langkah antisipasi kian meledaknya kasus COVID-19, pihaknya memberlakukan Work From Home (WFH) di lingkungan perkantoran dan pengetatan aktivitas masyarakat di pusat keramaian.

"Untuk pencegahannya, kami dari Pemda KBB terus menggenjot vaksinasi COVID-19, baik dosis I dan II maupun booster. Kami juga melakukan pembatasan kegiatan masyarakat dengan PPKM Level III sejak awal Februari," kata Agus.



Simak Video "Warning! Kasus Covid-19 di Indonesia Meningkat 15 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(orb/mso)