Doa Tobat Nabi Adam usai Lakukan Kesalahan di Surga

Doa Tobat Nabi Adam usai Lakukan Kesalahan di Surga

Kristina - detikHikmah
Sabtu, 19 Nov 2022 18:30 WIB
Mosques dome on dusk sunset sky and crescent moon symbol religion of Islamic free space text with Ramadan month, Eid Al Adha, Eid Ul Fitr, Muharram
Ilustrasi doa tobat Nabi Adam AS usai melakukan kesalahan di surga. Foto: Getty Images/iStockphoto/Sumetha Suebchat
Jakarta - Nabi Adam AS dikisahkan pernah terjerumus godaan iblis melakukan hal yang dilarang Allah SWT ketika berada di surga. Ia kemudian memohon ampun kepada Allah SWT yang kemudian dikenal dengan memanjatkan doa tobat Nabi Adam AS.

Kisah godaan iblis hingga tobatnya Nabi Adam AS dan Hawa diceritakan dalam Al-Qur'an. Allah SWT berfirman dalam surah Al-A'raf ayat 20,

فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطٰنُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مَا وٗرِيَ عَنْهُمَا مِنْ سَوْءٰتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهٰىكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ هٰذِهِ الشَّجَرَةِ اِلَّآ اَنْ تَكُوْنَا مَلَكَيْنِ اَوْ تَكُوْنَا مِنَ الْخٰلِدِيْنَ ٢٠

Artinya: "Maka, setan membisikkan (pikiran jahat) kepada keduanya yang berakibat tampak pada keduanya sesuatu yang tertutup dari aurat keduanya. Ia (setan) berkata, "Tuhanmu tidak melarang kamu berdua untuk mendekati pohon ini, kecuali (karena Dia tidak senang) kamu berdua menjadi malaikat atau kamu berdua termasuk orang-orang yang kekal (dalam surga)."

Hal tersebut juga dijelaskan dalam surah Thaha ayat 120-121. Allah SWT berfirman,

فَوَسْوَسَ اِلَيْهِ الشَّيْطٰنُ قَالَ يٰٓاٰدَمُ هَلْ اَدُلُّكَ عَلٰى شَجَرَةِ الْخُلْدِ وَمُلْكٍ لَّا يَبْلٰى ١٢٠ فَاَكَلَا مِنْهَا فَبَدَتْ لَهُمَا سَوْءٰتُهُمَا وَطَفِقَا يَخْصِفٰنِ عَلَيْهِمَا مِنْ وَّرَقِ الْجَنَّةِۚ وَعَصٰىٓ اٰدَمُ رَبَّهٗ فَغَوٰى ۖ ١٢١

Artinya: "Maka, setan membisikkan (pikiran jahat) kepadanya. Ia berkata, "Wahai Adam, maukah aku tunjukkan kepadamu pohon khuldi (keabadian) dan kerajaan yang tidak akan binasa? Lalu, mereka berdua memakannya sehingga tampaklah oleh keduanya aurat mereka dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun (yang ada di) surga. Adam telah melanggar (perintah) Tuhannya dan khilaflah dia."

Menurut Tafsir Kementerian Agama RI, maksud dari melanggar perintah Tuhannya pada ayat di atas adalah melanggar larangan Allah SWT karena lupa atau tidak sengaja. Adapun, yang dimaksud khilaf adalah mengikuti apa yang dibisikkan setan.

Setelah itu, Nabi Adam AS dan Hawa kemudian bertobat kepada Allah SWT. Doa tobat Nabi Adam AS termaktub dalam Al-Qur'an surah Al A'raf ayat 23. Berikut bacaan Arab, latin, dan artinya.

Doa Tobat Nabi Adam AS

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Rabbanā ẓalamnā anfusana wa il lam tagfir lanā wa tar-ḥamnā lanakụnanna minal-khāsirīn

Artinya: "Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan tidak merahmati kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi."

Menurut Imam Ibnu Katsir dalam Qashash al-Anbiyaa, doa tobat Nabi Adam AS tersebut merupakan suatu bentuk pengakuan dan upaya untuk kembali kepada-Nya, merendahkan diri di hadapan-Nya, dan sangat butuh kepada-Nya.

"Hal ini merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi anak-anak keturunan Adam. Mereka mesti menyesali dan memperbaiki diri jika melakukan kesalahan atau kekeliruan untuk meraih kebaikan di dunia dan akhirat," terang Ibnu Katsir lebih lanjut seperti diterjemahkan oleh Saefullah MS.

Abdullah Gymnastiar mengatakan dalam buku Doa Ajaran Ilahi: Kumpulan Doa dalam Al-Qur'an beserta Tafsirnya, menurut sebuah hadits Nabi Adam AS memohon tobat dan ampunan kepada Allah, sedangkan iblis tidak melakukannya, melainkan meminta untuk terus menggoda anak cucu Adam.

Hadis tersebut diriwayatkan dari Hasan bin Yahya, dari Abdu Razzak, dari Ma'mar yang mengatakan,

"Nabi Adam AS memohon tobat dan ampunan kepada Allah. Maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga, sedangkan iblis tidak memohon tobat, melainkan minta diberi waktu untuk terus menggoda anak cucu Adam. Permohonan keduanya dikabulkan oleh Allah." (HR At Thabari)

Simak Video "Doa di Nusa Dua, Luhut Harap Rusia-Ukraina Damai Saat G20"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)