Ini Ketentuan Jika Ada Peserta UTBK-SBMPTN 2022 yang Sakit

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 29 Apr 2022 09:00 WIB
Peserta UTBK SBMPTN saat mengerjakan soal. (foto: Eko Susanto/detikcom)
Foto: .foto: Eko Susanto/detikcom/Ini Ketentuan Jika Ada Peserta UTBK-SBMPTN 2022 yang Sakit
Jakarta -

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 akan digelar pada 17-23 Mei 2022 (Gelombang I) dan 28 Mei-3 Juni 2022 (Gelombang II). Untuk itu, sejak dini peserta harus mempersiapkan beberapa hal mulai dari perlengkapan wajib hingga ketentuan kesehatan.

Berdasarkan data LTMPT, total pendaftar SBMPTN 2022 mencapai 511.409 peserta. Data tersebut terhitung per 8 April 2022 jam 21.00 WIB. Dari jumlah tersebut, jumlah pendaftar saintek adalah 221.050, soshum 238.648, dan campuran adalah 44.509 siswa.

Adapun pelaksanaan UTBK pada tahun ini masih berada dalam suasana pandemi COVID-19. Untuk itu, peserta tidak hanya wajib membawa dokumen administratif saat ujian, melainkan juga kesehatan fisik dan mental.


Peserta UTBK Wajib Memenuhi Protokol Kesehatan

Berikut ini beberapa syarat untuk peserta ujian terkait protokol kesehatan yang ketat.


1. Melakukan Vaksinasi Dosis Lengkap

Peserta wajib melakukan vaksinasi dosis lengkap dan menginstal aplikasi PeduliLindungi untuk mengecek kondisi kesehatan peserta sekaligus untuk bisa masuk ke ruangan ujian.

2. Melampirkan Hasil Tes Antigen bagi yang Belum Vaksin

Bagi peserta yang belum melaksanakan vaksinasi dosis lengkap, peserta tetap diperbolehkan mengikuti ujian dengan melampirkan hasil tes antigen maksimal satu hari sebelum ujian dilaksanakan atau hasil PCR maksimal 2×24 jam sebelum pelaksanaan ujian.


Bagaimana Jika Ada Peserta UTBK yang Sakit?

Jika ada peserta yang terindikasi tidak sehat dan bersuhu tinggi, tim penyelenggara UTBK akan melakukan tes antigen dan memberikan rekomendasi untuk lanjut ujian atau tidak.

Apabila peserta tidak bisa mengikuti ujian karena terindikasi positif COVID-19, panitia akan melaporkan langsung ke LTMPT untuk mengikuti ujian sesi pengganti khusus.

Perlengkapan yang Wajib Dibawa Peserta UTBK-SBMPTN 2022

Sementara itu, dikutip dari situs LTMPT, peserta juga wajib membawa barang-barang berikut ini:


1. Kartu peserta UTBK-SBMPTN 2022


2. Masker dan hand sanitizer


3. Kartu identitas (kartu siswa/KTP/paspor)


4. Surat keterangan lulus (SKL) asli untuk siswa lulusan 2022. Jika belum punya, maka bisa membawa surat keterangan kelas 12.


5. Bagi lulusan 2020 dan 2021, wajib membawa fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir. Siswa lulusan SMA/sederajat dari luar negeri harus membawa ijazah yang sudah disetarakan.


6. Memakai baju formal yang rapi dan mengenakan sepatu.

Nah, agar peserta bisa mengikuti UTBK-SBMPTN 2022 dengan lancar, pastikan telah mempersiapkan segala dokumen yang akan dibawa dan menjaga kondisi kesehatan, ya!



Simak Video "Investasi Kesehatan Sedari Dini Upaya Prefentif Hidup yang Berkualitas di Usia Tua"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia