Catat! Ini Perlengkapan yang Perlu Dibawa Saat UTBK SBMPTN 2022

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 11 Apr 2022 07:00 WIB
Ilustrasi SBMPTN 2022
Perlengkapan yang perlu dibawa saat UTBK SBMPTN 2022. Foto: Tim Infografis/Mindra P
Jakarta -

Total pendaftar SBMPTN 2022 berdasarkan informasi statistik yang diunggah LTMPT melalui media sosialnya adalah 511.409 peserta. Data tersebut terhitung per 8 April 2022 jam 21.00 WIB. Menurut masing-masing kelompok ujian, jumlah pendaftar saintek adalah 221.050, soshum 238.648, dan campuran adalah 44.509 siswa.

Pelaksanaan UTBK pada tahun ini masih berada dalam suasana pandemi COVID-19. Untuk itu, peserta tidak hanya wajib membawa dokumen administratif saat ujian, melainkan juga perlengkapan penunjang protokol kesehatan.

Hingga saat ini, LTMPT dalam situs resminya masih belum memaparkan apa saja barang yang perlu dibawa oleh peserta. Namun, Universitas Sriwijaya (Unsri) telah mengumumkan kelengkapan yang harus dibawa saat UTBK SBMPTN 2022, sehingga informasi ini bisa menjadi panduan bagi siswa.

Perlengkapan yang Perlu Dibawa Saat UTBK SBMPTN 2022

  • 1. Kartu tanda peserta
  • 2. Fotokopi ijazah yang berlegalisir atau surat keterangan kelas 12 asli yang telah ditandatangani kepala sekolah dan tercantum nama, NISN, NPSN sekolah, dan pasfoto tiga bulan terakhir.
  • 3. Masker yang dikenakan saat di lokasi ujian.

Unsri juga menyebutkan, siswa perlu melihat lokasi UTBK satu hari sebelum tes berlangsung. Di samping itu, peserta wajib dalam kondisi sehat saat hari ujian.

Termasuk Unsri, ada 74 lokasi atau pusat UTBK yang disediakan oleh LTMPT untuk siswa reguler. Bagi siswa tunanetra, terdapat 51 pusat UTBK yang bisa dipilih.

Ketentuan Memilih Lokasi UTBK 2022

Lembaga Tes Masuk Perguruan tinggi juga menetapkan dua ketentuan dalam pemilihan lokasi UTBK. Dikutip dari Panduan Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022, berikut ini poin-poinnya:

  • 1. Peserta harus memilih pusat UTBK yang terdekat dengan domisili untuk menghindari mobilitas antarkota atau antarprovinsi, sehubungan dengan masa pandemi COVID-19.
  • 2. Risiko menjadi tanggung jawab peserta, jika ada kesalahan dalam memilih pusat UTBK, sehingga tidak bisa ikut ujian tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu dibawa saat ujian UTBK SBMPTN 2022 nanti. Cermati ketentuan dari LTMPT agar segala tahapan berlangsung lancar, detikers!



Simak Video "Merasa Nggak Salah, Dosen Unsri Reza Akan Ajukan Penangguhan Penahanan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia