Terakhir Hari Ini! Simak Cara Valid Sanggah Kuota SNMPTN 2022

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 17 Jan 2022 11:30 WIB
Ilustrasi SNMPTN 2022
Foto: Tim Infografis
Jakarta -

Masa sanggah kuota atau waktu yang disediakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bagi sekolah apabila terdapat data yang tidak sesuai, akan segera berakhir. Batas sanggah kuota SNMPTN 2022 bisa dilakukan terakhir pada hari ini, Senin (17/01/2022).

Untuk itu, bagi sekolah yang menilai ada ketidaksesuaian data, wajib segera mengajukan sanggah sebelum ditutup. Pasalnya, LTMPT dalam laman resmi mereka menyatakan, seluruh kegiatan terkait SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2022 berakhir pukul 15.00 WIB di tanggal yang bersangkutan.

Satuan pendidikan dapat mengajukan sanggahan berdasarkan data kuota sekolah yang terdapat di situs LTMPT. Sekolah bisa mengeceknya dengan membuka menu SNMPTN 2022 dan klik sub menu 'Kuota Sekolah'.

Bagi satuan pendidikan yang masih belum mengajukan sanggah kuota SNMPTN 2022, simak caranya seperti di bawah ini.

Cara Sanggah Kuota SNMPTN 2022

1. Periksa data jumlah siswa dan jurusan melalui pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt. Di sana tertera identitas sekolah, akreditasi, kepala satuan pendidikan, jumlah siswa per jurusan, dan status validasi data siswa.

2. Satuan pendidikan wajib memastikan tidak ada data residu di jumlah siswa. Data residu ini biasanya akibat dari ketiadaan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) atau malah NISN ganda.

3. Apabila jumlah siswa dalam situs yang disebutkan di atas tidak sesuai, maka pihak sekolah wajib memperbaiki datanya di Dapodik atau EMIS. Kemudian, perbaikan NISN dapat dilakukan di vervalpd.data.kemdikbud.go.id.

4. Sinkronisasi antara Dapodik/EMIS dengan Pusdatin berlangsung sekitar 1 x 24 jam. Tunggu proses ini selesai.

5. Jika sudah, periksa kembali data jumlah siswa dan jurusan di pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt.

Perlu diketahui kembali bahwa LTMPT menyediakan waktu sanggah ini untuk mengatasi kondisi ketika terdapat data sekolah yang tidak sesuai, lalu mempengaruhi kuota yang sekolah dapatkan.

LTMPT juga menegaskan, masa sanggah kuota SNMPTN 2022 ini berbeda dengan masa pembuatan akun LTMPT untuk siswa yang masih berlangsung sampai 15 Februari 2022 nanti.

Nah, bagi sekolah yang belum memiliki akun LTMPT bisa melakukan registrasi paling lambat tanggal 8 Februari 2022.



Simak Video "Merajut Asa Kembali ke Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia