Subtes SIMAK UI Error, Para Peserta Ramai-ramai Mengeluh di Medsos

Puti Yasmin - detikEdu
Minggu, 20 Jun 2021 18:00 WIB
Ilustrasi Kampus UI, Depok
Sistem SIMAK UI disebut error, para peserta mengeluh di medsos Foto ilustrasi: Grandyos Zafna/detikFOTO
Jakarta - Peserta ujian masuk Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI ramai-ramai mengeluhkan sistem yang disebut error pada saat pengerjaan ujian hari kedua atau subtes Tes Kompetensi Akademik (TKA). Alhasil, para calon mahasiswa itu tidak bisa mengerjakan subtes pada Minggu (20/6/2021).

Salah satu calon mahasiswa di akun media sosial Twitter mengeluhkan, bahwa ia ketinggalan mengerjakan mata pelajaran sejarah pada kelompok program studi sosial dan humaniora (Soshum). Sebab, pada dasarnya mengerjakan soal SIMAK UI dilakukan secara berurutan.

"Hua aku ke skipp, aku mikirnya ngerjainnya kan harus berurutan yaa. karena di soal - soal simak itu urutannya eko dulu baru sejarah, ya aku kerjainnya eko dulu. gataunya pas selesai eko malah sejarah yg ada tulisan 'waktu habis' trs lgsg skip ke geo," tulis @nastygoorl di Twitter dikutip detikEdu.

Peserta SIMAK UI lainnya, juga mengatakan hal yang sama.Ia mengisahkan bahwa saat mengerjakan subtes pertama, yakni mata kuliah ekonomi. Hanya saja waktu yang berjalan berubah menjadi pelajaran Sejarah.

"Kemudian sejarahnya malah kenskip langsung ke geografi. Walhasil sejarahnya tidak dikerjakan. Mohon informasi atas error ini min, sepertinya banyak juga yang mengalami hal yang sama," terang akun @mostcow di Twitternya.

Selain itu, terungkap calon mahasiswa lain yang juga mengeluhkan kejadian error ini. Ia mengaku terdapat hilangnya jawaban, meski sebelumnya sudah mengisi jawaban atas pertanyaan yang diajukan pada salah satu subtes.

"Saya ingin melaporkan bahwa saat pengerjaan soal TKA Soshum, soal sejarah tidak keluar sama sekali. Urutannya ekonomi-geografi-sosiologi-lalu kembali mengerjakan ekonomi. Selain itu, jawaban geografi dan sosiologi yang sudah saya jawab hilang dan terganti menjadi keterangan (waktu habis) seperti pada kolom sejarah," tulis Zaid dalam akun twitter-nya, @zagaigid.

Sementara itu, Ujian SIMAK UI sendiri dilaksanakan secara dua hari, sejak hari Sabtu (19/6) hingga Minggu (20/6). Pada hari Sabtu, para peserta mengerjakan soal untuk subtes Tes Kompetensi Dasar (TKD) berupa Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Kemudian, di hari kedua atau hari ini mereka mengerjakan subtes TKA berupa untuk bidang Saintek berupa Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedangkan, untuk bidang Soshum di SIMAK UI adalah Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.





Simak Video "Tanda Tangan Jokowi Bikin Rektor UI Bisa Rangkap Jabatan"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia