LTMPT: Nilai UTBK 2021 Bisa Diakses Malam Ini atau Besok 16 Juni

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 15 Jun 2021 19:00 WIB
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai penilaian SBMPTN telah selesai dilaksanakan. Ketua LTMPT, Prof Moh Nasih mengatakan, pihaknya mempertimbangkan beberapa kondisi yang dapat menggugurkan penerimaan serta.
Foto: Tangkapan Layar/LTMPT: Nilai UTBK 2021 Bisa Diakses Besok 16 JuniTMPT: Nilai UTBK 2021 Bisa Diakses Malam Ini atau Besok 16 Juni
Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memastikan cara melihat nilai UTBK 2021 baru bisa dilakukan pada Rabu (16/6/2021) besok. Artinya, para peserta baru bisa cek nilai UTBK 2021 pada besok hari.

"Besok baru bisa diunduh memang," ungkap Ketua LTMPT Mohammad Nasih saat dihubungi detikEdu, Selasa (15/6/2021).

Namun, pria yang juga rektor Universitas Airlangga Surabaya ini tengah mengusahakan agar para peserta melihat nilai UTBK 2021 malam ini. Sedangkan bila besok, nilai UTBK baru dapat dilihat antara pagi atau siang hari.

"Diusahakan malam ini (para peserta bisa cek nilai UTBK 2021). Tinggal 10%. InsyaAllah pagi atau siang sudah bisa," sambung dia.

Senada dengan itu, Ketua Eksekutif LTMPTBudi Prasetyoberharap cek nilai UTBKbisa dilakukan pada malam ini. Namun, jika belum juga bisa diakses ia berharap bisa dilakukan peserta pada besok pagi.

"Semoga malam ini atau paling lambat besok pagi sertifikat nilai UTBK bisa diakses," tegasnya.

Dihubungi terpisah, Humas LTMPT Ismaini Zain menjelaskan pada dasarnya tim terkait membutuhkan waktu untuk mengunduh sertifikat nilai UTBK 2021 ke dalam laman. Sebab, nantinya sertifikat bisa didownload para peserta untuk digunakan.

"Yang pasti butuh waktu waktu untuk mengenerate sertifikatnya," kata wanita yang juga dosen di ITS Surabaya ini.

Sebelumnya, LTMPT menjelaskan cara melihat nilai UTBK 2021baru bisa dilakukan H+1 pengumuman, atau tepatnya pada Selasa (15/6/2021) pukul 15.00 WIB. Namun, hingga dengan saat ini portal tidak dapat mengakses informasi terkait skor UTBK 2021.

Hal ini pun dikeluhkan oleh para peserta di sosial media. Salah satu pesertanya di Twitter @ awsomesavce mengungkapkan ia tak bisa membuka portal LTMPT dan melihat nilai UTBK 2021.

"Ini emang webnya LTMPT yang down atau sinyalku deh, muter terus *emoji Loudly crying face*," tulis dia di Twitter.

Detikers, berikut cara melihat nilai UTBK 2021:

  • 1. Masuk ke situs pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id
  • 2. Masukkan nomor peserta dan tanggal lahir pada kolom yang tersedia
  • 3. Layar akan menunjukkan hasil SBMPTN beserta dengan besaran skor UTBK 2021.



Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia