Macam-macam Sekolah Ikatan Dinas di Indonesia, dari STAN hingga IPDN

Puti Yasmin - detikEdu
Jumat, 23 Apr 2021 08:05 WIB
SPMB STIS 2021/2022
Foto: Instagram Politeknik Statistika STIS polstatstis/Macam-macam Sekolah Ikatan Dinas di Indonesia, dari STAN hingga IPDN
Jakarta - Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 telah dibuka. Ada berbagai macam sekolah ikatan dinas di Indonesia yang dibuka, mulai dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Pendaftaran sekolah ikatan dinas di Indonesia dilakukan dalam satu portal, yakni milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) di alamat https://sscasn.bkn.go.id. Adapun pendaftaran dibuka sejak 9 April hingga 30 April mendatang.

Macam-macam Sekolah Ikatan Dinas di Indonesia:

  • 1. STAN

Sekolah ikatan dinas di Indonesia yang pertama adalah Politeknik Keuangan Negara STAN. Sekolah ini berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan.

Lulus dari sekolah ini, peserta didik bisa ditempatkan di berbagai instansi pemerintah yang tengah membutuhkan aparatur pengelola keuangan negara.

  • 2. AKMIL

Sekolah ikatan dinas yang lain adalah akademi militer yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Peserta yang lulus dari sini akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Pertahanan.

  • 3. Poltekim

Poltekim adalah Politeknik Imigrasi di bawah Kementerian Hukum dan HAM dan membuka kuota 2021 sebanyak 300 orang. Lulus dari sekolah ikatan dinas ini, peserta didik bisa langsung bekerja di Direktorat Jenderal Imigrasi.

  • 4. STPI

Peserta yang minat dengan penerbangan bisa mengambil ikatan dinas di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. Terdapat empat jurusan, yakni Penerbangan, Teknik Penerbangan, Keselamatan Penerbangan, dan Manajemen Penerbangan.

  • 5. STSN

Sekolah ikatan dinas yang berkaitan dengan keamanan data dan internet adalah STSN. Sekolah ini dinaungi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan lulusannya akan ditempatkan di Lembaga Sandi Negara.

  • 6. Poltekip

Poltekip adalah Politeknik Ilmu Pemasyarakatan yang masih di bawah Kementerian Hukum dan HAM dan membuka kuota sebanyak 300 orang. Peserta yang lulus dari program D-IV di sini bisa langsung ditempatkan di bawah Ditjen Pemasyarakatan.

  • 7. STIN

Macam-macam sekolah ikatan dinas di Indonesia yang lain adalah STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara). Sekolah yang berada di Bogor, Jawa Barat ini berada di bawah Badan Intelijen Negara (BIN) dan membuka formasi sebanyak 250 orang.

  • 8. IPDN

Bagi siswa yang ingin terjun dalam persoalan dalam negeri bisa mencoba sekolah ikatan dinas IPDN. Sekolah ini terletak di Sumedang, Jawa Barat dan membuka kuota sebanyak 1.164 orang di tahun ini.

  • 10. AKPOL

Sekolah ikatan dinas khusus untuk kepolisian adalah AKPOL. Peserta akan menempuh pendidikan selama 4 tahun dan lulus dengan gelar Ipda (Inspektur Polisi Dua) dan gelar STK (Sarjana Terapan Kepolisian).

  • 11. STTD

Kementerian Perhubungan juga membawahi sekolah ikatan dinas STTD. Awalnya sekolah ini bernama Akademi Lalu Lintas namun sejak tahun 2000 berubah menjadi STTD.

  • 12. STIS

Sekolah ikatan dinas yang lain adalah STIS. Peserta yang mendaftar di sini akan mempelajari ilmu statistik dan ilmu matematika. Sekolah ikatan dinas ini dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) ini membuka kuota sebanyak 600 orang di tahun ini.

  • 13. STMKG

Terakhir, ada Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG). Terdapat empat jurusan yang dibuka dengan total kuota sebanyak 265 orang, yakni Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi-MKG.

Detikers, mau pilih macam-macam sekolah ikatan dinas di Indonesia yang mana nih?

Simak Video "Wanti-wanti Tito ke Praja IPDN: Kalau Ada Kekerasan, Saya Sikat!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia