Imbas Kasus Hepatitis Misterius, Bagaimana Nasib PTM di DKI Jakarta?

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 12 Mei 2022 12:00 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Annisa-detikcom)
Nasib PTM DKI Jakarta akibat hepatitis misterius. Foto: Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Annisa-detikcom)
Jakarta -

Guna mencegah penyebaran hepatitis misterius yang terjadi pada anak-anak, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal mengkaji kembali kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM).

"Termasuk PTM ini masih kita pelajari apakah akan kembali ke online, kita akan lihat," ucap Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta (11/5/2022).

Dia mengatakan pihaknya tengah menunggu arahan dari pemerintah pusat. Dia pun menyinggung pernyataan WHO yang menyebutkan hepatitis akut misterius tersebut sebagai kejadian luar biasa (KLB).

"Itu sudah dari WHO sendiri. Nanti Indonesia, Jakarta menunggu kebijakan pemerintah pusat," jelasnya.

Pemerintah DKI Jakarta sendiri kemarin mencatat ada 21 orang yang diduga terjangkit hepatitis akut misterius. Seluruhnya tengah mendapat penyelidikan epidemiologi.

"Seperti yang disampaikan kemarin data sementara ada 21 kasus yang diduga terkait hepatitis akut. Namun demikian ini masih dalam proses penyelidikan epidemiologi," tegas Riza.

Sebanyak 21 orang tersebut sudah mencakup tiga orang yang dinyatakan meninggal. Wakil Gubernur DKI Jakarta berharap tidak ada lagi korban untuk hepatitis misterius ini.

Sementara itu mengutip dari CNN Indonesia, Riza mengimbau agar masyarakat untuk sementara waktu tidak mengajak anak-anaknya bermain di tempat umum guna mencegah penularan virusnya.

"Ditunda dulu bermain di tempat-tempat umum seperti kolam renang bersama, kegiatan anak-anak kan suka bermain di tempat-tempat segala macam," sambungnya.

Politikus Gerindra itu meminta agar masyarakat waspada dengan hepatitis misterius dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti yang telah dijalankan dalam dua tahun terakhir selama pandemi COVID-19.



Simak Video "Dua Dugaan Penyebab Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia