5 Fakta Libur Sekolah Diperpanjang di DKI, Banten, dan Jawa Barat

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 07 Mei 2022 14:00 WIB
PTM 100 Persen
Ilustrasi. Ini 5 fakta libur sekolah diperpanjang di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. (Esti Widiyana/detikcom)
Jakarta -

Libur sekolah diperpanjang berlaku di sejumlah wilayah di Indonesia. Kebijakan ini diberlakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bagi sekolah-sekolah di Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Sehubungan dengan hal itu, libur sekolah yang semula ditetapkan hingga Minggu (8/5/2022) diperpanjang menjadi Rabu (11/5/2022). Perpanjangan libur tiga hari ini menyebabkan kegiatan belajar mengajar di sekolah baru dimulai Kamis (12/5/2022).

5 Fakta Libur Sekolah Diperpanjang

1. Untuk Mengurai Kemacetan

Kemendikbudristek menyatakan perpanjangan masa libur usai Lebaran ditujukan sebagai upaya antisipasi penguraian kemacetan arus balik mudik pada 8 Mei 2022. Keputusan ini juga disebut sebagai hasil kesepakatan bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Kemendikbudristek menanggapi dengan positif hasil koordinasi dengan Kemenhub terkait upaya bersama dalam membantu mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022, utamanya di kawasan Jabodetabek," kata Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbudristek Anang Ristanto.

2. Berlaku di Tiap Jenjang

Kebijakan dari Dinas Pendidikan di tiap wilayah baik Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat menetapkan libur sekolah diperpanjang bagi seluruh jenjang SD hingga SMA atau SMK.

Salah satunya di Provinsi Banten, Kepala Dindikbud Banten, Tabrani mengatakan, kegiatan belajar mengajar untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK di Banten baru dimulai pada Kamis (12/5/2022).

"Ini kebijakan pusat, daerah perbatasan seperti DKI, Banten, Jateng, nggak tahu yang lain ya, Pak Dirjen mengarahkan agar masukannya diundur menjadi tanggal 12 Mei. Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi padatnya arus balik," terang Tabrani.

3. DKI Jakarta Sudah Tetapkan Masuk 12 Mei Sejak Awal

Meski Kemendikbudristek memberi arahan bagi pemerintah provinsi (Pemprov) di 3 provinsi tertentu untuk aturan libur sekolah diperpanjang, pihak Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta sendiri sebetulnya sudah menetapkan jadwal masuk pada Kamis (12/5/2022) sejak lama.

"Tidak ada pengunduran waktu libur. Memang DKI Jakarta menetapkan kebijakan libur itu sampai 11 Mei," kata Kepala Sub Bagian Humas Disdik DKI Jakarta Taga Radja Gah.

Pernyataan Taga ini sesuai dengan surat pemberitahuan nomor: 13504/-1.851. Surat yang ditandatangani pada 20 Januari 2022 tersebut berisi jadwal libur sebelum Idul Fitri berlangsung selama tiga hari dan dan enam hari usai Lebaran bagi siswa SD-SMA.

4. Sudah berlaku PTM 100 persen

Disdik DKI Jakarta akan menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen setelah libur sekolah diperpanjang usai Lebaran 2022. Hal ini dijelaskan oleh Taga Radja Gah bahwa siswa wajib datang langsung ke sekolah dan belajar seperti biasa.

"Iya (PTM 100 persen), kan kondisinya sudah memungkinkan untuk melakukan PTM," ucap Taga saat dihubungi detikEdu, Jumat (6/5/2022).

Taga menegaskan, pelaksanaan PTM 100 persen dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini berkaitan dengan status pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

Tidak hanya di DKI Jakarta, sekolah di Bekasi juga disebut Kepala Disdik Kota Bekasi Inayatulah tetap menerapkan PTM 100 persen pada Kamis (12/5/2022) mendatang. Meski demikian, teknis pelaksanaannya diserahkan pada masing-masing sekolah.

"Iya, kita gini, di hari pertama itu kan sudah (PTM) 100 persen, tetapi secara teknis oleh sekolah pengaturannya bisa masuk berapa dulu, dua shift dulu sementara, cuma tetap 100 persen," jelas dia.

5. Jadwal Masuk Guru Tidak Berubah

Aturan libur sekolah diperpanjang ini tidak berlaku bagi guru atau tenaga kependidikan di instansi pendidikan. Mengutip dari laman Disdik Jawa Barat, jadwal masuk bagi guru tetap pada Senin (9/5/2022) sesuai dengan Surat Edaran (SE) Gubernur No. 53/OT.03/Org tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022

"Sedangkan untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya, masuk kerja kembali pada Senin, 9 Mei 2022. Hal ini sesuai SE Gubernur No. 53/OT.03/Org tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022, dengan pengaturan skema WFH dan WFO disesuaikan kebutuhan masing-masing," kata Kadisdik Jawa Barat, Dedi Supandi.



Simak Video "H+2 Lebaran, TMII Dikunjungi Lebih Dari 20 Ribu Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia