Manfaat Internship Bagi Mahasiswa

Tim detikcom - detikEdu
Rabu, 31 Mar 2021 11:43 WIB
Businessman and woman smiling at each other in office
Ilustrasi Internship (Ilustrasi Foto: Thinkstock)
Jakarta - Internship merupakan suatu wadah untuk para mahasiswa agar bisa secara langsung merasakan seperti apa sih dunia kerja itu. Namun tahukah detikers apa-apa saja manfaat internship ini? Daripada semakin penasaran, yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Meningkatkan Wawasan

Manfaat pertama yang harus detikers ketahui adalah internship ternyata dapat meningkatkan wawasan lho. Tentu saja belajar di dalam kelas tanpa mengaplikasikan berbagai ilmu yang telah dipelajari secara langsung bisa dikatakan sia-sia.

Sehingga ketika detikers mengikuti program internship, pastinya wawasan yang detikers dapatkan di bangku kuliah bisa sangat berguna. Bukan hanya berguna saja, namun juga dapat meningkatkan wawasan yang detikers miliki. Selain itu, detikers juga dituntut agar cermat dalam mengatasi berbagai kondisi tertentu saat melakukan internship.

Bisa Langsung Memperoleh Pekerjaan

Internship sendiri dapat dijadikan sebagai salah satu peluang untuk detikers yang sangat tertarik menekuni suatu pekerjaan, namun masih bingung seperti apa seluk beluk dan mekanismenya. Lewat internship, sebenarnya detikers bisa melatih diri agar dapat bekerja maksimal, terlebih lagi jika tempat kerjanya memang sudah linier terhadap jurusan yang detikers pilih. Tak ada salahnya agar totalitas ketika menjalani kegiatan selama melakukan internship.

Instansi atau perusahaan yang memberikan peluang internship biasanya akan mempertimbangkan detikers sebagai karyawan tetap lho. Gimana, cukup menarik kan hal yang satu ini? Sehingga peluang perekrutan melalui kegiatan internship jangan detikers sia-siakan begitu saja.

Sebisa mungkin detikers harus mencari tahu secara detail pekerjaan tersebut, masalah yang sering dihadapi, maupun cara mengatasinya. Jika detikers semakin awal mengetahuinya, maka detikers dapat belajar agar bisa menyelesaikan masalah tersebut lebih awal pula.

Memperluas Jaringan

Nah, manfaat berikutnya yang bisa detikers rasakan adalah dapat memperluas jaringan. Hal ini menjadi pasti mengingat detikers akan mendapatkan lingkungan dan orang-orang yang baru. Jalin hubungan pertemanan dengan rekan kerja detikers ya! Sehingga secara tidak langsung detikers bisa memperoleh ilmu-ilmu baru. Dapat dikatakan bahwa ketika sudah mempunyai hubungan yang baik bersama rekan kerja, detikers pun bisa saling berbagi pengalaman dan cerita dengan mudah pula. Sehingga keakraban bisa semakin terjalin.

Hubungan yang Baik Bisa Tercapai dengan Instansi Penyelenggara

Dengan adanya program internship bukan hanya bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan para mahasiswa saja. Tetapi pihak instansi yang telah memberikan peluang internship juga akan memperoleh keuntungan.
Tidak hanya memperoleh mahasiswa yang kompeten saja, namun pihak pemberi kesempatan internship juga bisa terbantu. Nah, manfaat internship untuk fakultas yang berkaitan dengan jalinan kerja sama terhadap pihak terkait juga dapat dicapai.

Bisa Memperoleh Penghasilan Tambahan

Nah, tahu gak sih salah satu hal mengapa banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program internship adalah mereka bisa mendapatkan uang jajan tambahan.

Meskipun tak semua perusahaan menawarkan upah atau gaji, namun ketika adanya pendapatan yang akan detikers peroleh dari internship, pastinya hal ini bisa menjadi pertimbangan sebelum detikers memilih lokasi.

Tetapi janganlah dibayangkan jika pendapatan yang diperoleh akan sama besarnya seperti pendapatan karyawan tetap disana, ya!

Mungkin detikers bisa saja memperoleh pendapatan seperempat atau setengah dari pendapatan karyawan tetap di sana. Namun jangan pernah berkecil hati.

Yang jelas ilmu yang detikers peroleh ketika berada di tempat internship akan sangat bermanfaat pada masa depan detikers lho. Selain itu, detikers juga akan memperoleh sertifikat sebagai bukti jika detikers sudah memiliki pengalaman kerja di suatu instansi atau lembaga.



Simak Video "Ratusan Pegawai Magang Transjakarta Demo Tagih Status Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia