5 Jurusan Kuliah Ini Pas buat Kalian yang Pendiam dan Pemalu

5 Jurusan Kuliah Ini Pas buat Kalian yang Pendiam dan Pemalu

Novia Aisyah - detikEdu
Minggu, 27 Nov 2022 18:00 WIB
Ilustrasi desainer
Foto: Thinkstock/shironosov/Ilustrasi 5 Jurusan Kuliah Ini Pas buat Kalian yang Pendiam dan Pemalu
Jakarta -

Pada zaman sekarang, memiliki karakter pendiam dan pemalu bukanlah halangan untuk mencari pekerjaan. Perkembangan teknologi yang pesat memberikan peluang bagi kalian untuk mencari profesi yang lebih berkutat dengan gadget.

Namun tentunya, diperlukan jurusan kuliah yang cocok untuk pekerjaan semacam ini. Jika detikers adalah salah satu orang yang pendiam dan pemalu ini, yuk cek apa saja bidang yang bisa kalian tekuni di perkuliahan nanti!

5 Jurusan Kuliah untuk Mahasiswa Pendiam dan Pemalu:

1. Desain Grafis

Menukil laman Masoem University, jurusan Desain Grafis bisa menjadi pilihan bagi kalian yang pendiam atau pemalu maupun keduanya. Menekuni bidang ini tidak membutuhkan terlalu banyak bertemu orang, kecuali klien atau tim kalian sendiri.

Meski begitu, perlu dicatat bahwa Desain Grafis memerlukan komitmen yang tinggi dalam menghasilkan karya berkualitas.

2. Internet Marketing

Menggeluti dunia marketing membutuhkan kesediaan berkomunikasi dengan orang lain secara tatap muka. Namun, di jurusan ini kalian masih bisa berkomunikasi tanpa bertemu.

Selain itu, memiliki pengetahuan yang luas juga bisa menjadi modal plus saat nanti melamar kerja.

3. Teknik/Sistem Informasi

Jurusan ini cocok untuk si pendiam dan pemalu karena kalian akan fokus dengan software selama berjam-jam. Jika tertarik, perlu pastikan bahwa kalian mempunyai keterampilan analisis yang tinggi dan menyukai hal-hal seperti coding.

4. Sains

Ketimbang membutuhkan banyak interaksi, jurusan ini memerlukan konsentrasi untuk melakukan penelitian. Setelah lulus, kalian bisa bekerja sebagai dosen, pengembang produk, peneliti, teknisi laboratorium, dan sebagainya.

5. Akuntansi

Jurusan Akuntansi sesuai untuk si pendiam dan pemalu karena tidak mengharuskan mengobrol dengan konsumen. Sebagai akuntan, kalian akan mengelola berbagai laporan keuangan di perusahaan. Akuntansi pun bisa dipilih jika kalian ingin mendalami dunia bisnis.

Itulah beberapa jurusan yang pas untuk kalian yang memiliki sifat pendiam dan pemalu. Ingin menekuni yang mana nih?

(nah/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia