Kemenag Buka Seleksi Penelitian Terbaik PTKI, Total Hadiah 300 Juta

Kemenag Buka Seleksi Penelitian Terbaik PTKI, Total Hadiah 300 Juta

Nikita Rosa - detikEdu
Rabu, 19 Okt 2022 17:30 WIB
Ilustrasi penelitian sosial.
Kemenag Membuka Seleksi Penelitian Terbaik Khusus PTKI, Ini Syarat-Jadwal Seleksi. (Foto: Green Chameleon/Unsplash)
Jakarta -

Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) membuka seleksi penelitian terbaik untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) negeri maupun swasta.

Seleksi penelitian terbaik ini merupakan bagian dari The 2nd Biannual Conference on Research Result Tahun 2022 (BCRR 2) yang puncaknya akan diselenggarakan di IAIN Sultan Amai Gorontalo, 25-27 November 2022.

"Sudah disiapkan hadiah dengan total mencapai 300 juta rupiah," terang Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani dalam situs Kemenag, Rabu (19/10/2022).

Kang Dhani, panggilan akrabnya, menyatakan bahwa BCRR merupakan salah satu cara Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melakukan akuntabilitas akademik dan publik atas temuan-temuan dan kontribusi riset di lingkungan PTKI kepada masyarakat luas.

"Dunia akademisi perguruan tinggi harus mampu mempertanggungjawabkan temuan dan kontribusinya kepada masayarakat, baik yang didasarkan atas anggaran negara yang diterimanya maupun penyelesaian studi yang telah dilakukannya. Untuk itu, semua PTKIN dan Kopertais diminta untuk ikut serta dalam event BCRR yang sangat penting dan strategis ini," ungkap Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati, Bandung tersebut.

Plt. Direktur Diktis, Syafi'i, menyatakan bahwa event BCRR ini akan memilah seluruh penelitian terbaik yang berasal dari PTKI. Semua PTKIN dan Kopertais yang membawahi PTKIS diberi kesempatan untuk menyampaikan penelitian terbaiknya.

"Riset adalah substansi dari perguruan tinggi keagamaan Islam. Melalui riset, produktivitas perguruan tinggi akan teruji, dan melalui riset pula seorang akademisi akan menunjukkan kapabilitas terbaiknya. Dan bagi PTKI, produktivitas riset ini sangat tinggi," ujar Syafi'i.

Dalam kegiatan BCRR, akan dilakukan seleksi penelitian terbaik dari masing-masing PTKIN dan Kopertais. Semua hasil riset akan dikelompokkan dalam empat rumpun ilmu, yaitu studi Islam (tafaqquh fiddin), sosial humaniora, sains dan teknologi, serta integrasi Ilmu.

Hasil penelitian akan dinilai berdasarkan beberapa indikator, antara lain inovasi, novelty, teori dan metodologi, kualitas penerbitan/jurnal, dan nilai kemanfaatan bagi pengembangan keilmuan dan masyarakat.

Nantinya, akan terpilih 48 penelitian terbaik tingkat nasional yang akan dituangkan dalam buku Ensiklopedi Riset Terbaik Tahun 2022 Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Adapun pendaftaran peserta dari PTKIN dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM/P3M) pada masing-masing PTKIN. Sementara itu, pendaftaran untuk kopertais dilakukan oleh pimpinan kopertais yang bersangkutan.

Dalam Panduan Penyelenggaraan The 2nd Biannual Conference on Research Results (BCRR II) Tahun 2022 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kemenag, berikut syarat penelitian, berkas, hingga jadwal seleksinya.

Persyaratan Penelitian BCRR II Kemenag 2022

1. Penelitian yang dibiayai dari BOPTN Penelitian/BLU
Syarat penelitian yang dapat diikutsertakan dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut:
a. Penelitian dilakukan oleh dosen dan/atau jabatan fungsional lainnya yang berasal dari PTKIN/PTKIS yang memiliki ID peneliti Litapdimas
b. Bukan nominator BCRR Tahun 2019
c. Penelitian dibiayai dari anggaran BOPTN Penelitian baik pada DIPA Diktis dan/atau DIPA satker PTKIN dan/atau bersumber dari PNBP bagi PTKIN yang BLU pada tahun anggaran 2019, 2020, atau 2021
d. Telah dilakukan penilaian dan ditetapkan sebagai penelitian yang terbaik di tingkat
PTKIN/Kopertais
e. Hasil penelitian dikirimkan ke panitia seleksi dengan mengikuti ketentuan yang berlaku
2. Penelitian Penyelesaian Studi
Penelitian penyelesaian studi yang dapat diikutsertakan dalam kegiatan ini berupa skripsi (S1), tesis (S2), dan disertasi (S3).

Berkas Administrasi Umum BCRR II Kemenag 2022

1. Surat Pengantar dari Pimpinan PTKIN/Kopertasi yang ditujukan kepada Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam yang menerangkan keikutsertaan delegasi peserta
2. Surat Keputusan Penetapan Penelitian Terbaik di Tingkat PTKIN/Kopertais yang ditandangani oleh Pimpinan PTKIN/Kopertais
3. Biodata peserta
4. Berkas dokumen administrasi Khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan pengusul penelitian BOPTN Penelitian/BLU dan penelitian penyelesaian studi

Jadwal Seleksi BCRR II Kemenag 2022

Pengumuman dan Sosialisasi: 18 Oktober 2022
Selektsi Tingkat PTKIN/Kopertais: 19-26 Oktober 2022
Pendaftaran Peserta Nasional: 27-31 Oktober 2022
Validasi Berkas: 1-5 November 2022
Penilaian Berkas: 6-11 November 2022
Pengumuman Kandidat Terpilih Tahap 1: 12 November 2022
Technical Meeting: 13 November 2022
Tahap 2 Penilaian Wawancara Daring: 13-17 November 2022


Pengumuman Kandidat Terpilih Tahap 2: 18 November 2022
Pelaksanaan BCRR II: 25-27 November 2022
Penghargaan: 27 November 2022

Nah, itulah informasi mengenai The 2nd Biannual Conference on Research Results (BCRR II) Tahun 2022 Kemenag RI. Semoga membantu, detikers!



Simak Video "Kisah Para Petani China Lulusan Perguruan Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia