FH Unair Raih Peringkat 1 Indonesia Versi Scimago Institutions Rankings (SIR) 2022

Devi Setya - detikEdu
Jumat, 17 Jun 2022 19:30 WIB
FH Unair Raih Peringkat 1 Indonesia
Foto: Humas UNAIR
Jakarta -

Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH Unair) kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini datang dari Scimago Institutions Rankings (SIR) 2022 yang menetapkan FH Unair menempati rangking 1 di Indonesia.

Setelah berhasil meraih peringkat pertama di Indonesia versi QS World University Ranking by Subject Law 2022, kini FH UNAIR kembali berhasil meraih peringkat pertama di Indonesia versi Scimago Institutions Rankings (SIR) 2022. Selain menduduki posisi nomor satu di antara perguruan tinggi di Indonesia, FH UNAIR juga meraih peringkat ke-31 di Asia dan peringkat ke-217 di dunia.

Scimago Institutions Rankings sendiri adalah lembaga pemeringkatan yang menggabungkan tiga indikator berbeda, yakni berdasarkan kinerja penelitian (bobot 50%), hasil inovasi (bobot 30%) dan dampak sosial (bobot 20%) yang diukur dengan visibilitas web.

Dilansir dari situs resmi Universitas Airlangga (17/6) menempati peringkat satu dari seluruh universitas di Indonesia merupakan capaian yang tak bisa dianggap remeh. Terdapat tiga indikator yang digunakan untuk pemeringkatan SIR, yaitu research performance (50%), innovation outputs (30%), serta societal impact (20%).

FH UNAIR sebagai institusi yang berfokus pada publikasi penelitian karya ilmiah hukum terbukti memiliki performa dan kualitas terbaik pada bidang riset, terutama dalam publikasi ilmiah yang terindeks Scopus. Tentu saja peringkat satu ini sekaligus menjadi pembuktian kualitas dan mutu pendidikan di FH Unair.

Dekan FH UNAIR, Iman Prihandono SH MH LLM PhD, mengungkapkan bahwa pencapaian ini tidak dapat dilakukan tanpa upaya dan bantuan dari berbagai pihak. Iman mengatakan bahwa FH UNAIR sudah lama berkontribusi pada bidang riset, dimulai dari mendorong para dosen dan mahasiswa untuk melakukan kolaborasi riset dengan akademisi di berbagai universitas partner guna meningkatkan indikator kinerja penelitian.

"Kami juga telah meluncurkan aplikasi pendidikan hukum yang diberi nama Airlangga Legal Education Center (ALEC). Ini merupakan aplikasi pendidikan hukum pertama di Indonesia yang berbasis online," tutur Iman.

Selain meluncurkan aplikasi ALEC, Iman juga memaparkan FH UNAIR telah menerbitkan Buku Saku bagi Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri serta melakukan pembinaan terhadap beberapa desa terkait upaya restorative justice, pencegahan korupsi, dan penguatan perlindungan kekayaan intelektual perajin Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengabdian sosial dari FH UNAIR kepada masyarakat.

Iman juga mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada para pihak yang telah berkontribusi dan berupaya keras dalam mempertahankan eksistensi Fakultas Hukum di kancah nasional maupun internasional. Ia berharap kedepannya FH Unair dapat terus mempertahankan rangking prestasi dan kinerja yang sudah sangat baik ini.

"Terima kasih juga kepada pimpinan Universitas Airlangga yang telah mendukung kami di Fakultas serta telah memberikan banyak bantuan agar kami bisa mengembangkan program dan inovasi baru. Tak lupa juga saya berterima kasih kepada semua civitas akademika FH UNAIR, dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, dan para alumni sekalian," ujar Iman.

Selain Fakultas Hukum Unair, tahun ini Scimago Institutions Rankings juga merilis perguruan tinggi terbaik di Indonesia pada tahun 2022. Hasilnya ada 57 kampus ternama di Tanah Air yang masuk daftar peringkat tersebut.



Simak Video "Jurusan Sepi Peminat di Unair, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia