5 Sekolah Kedinasan untuk Lulusan IPA & SMK, Jadi CPNS - Kuliah Gratis

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 13 Jun 2022 11:30 WIB
Kampus PKN STAN
Rekomendasi sekolah kedinasan untuk lulusan jurusan IPA dan SMK. Foto: Dok. PKN STAN
Jakarta -

Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang menyediakan ikatan dinas dengan lembaga pemerintah penyelenggara pendidikan untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di kementerian atau lembaga pemerintahan. Beberapa penerimaan mahasiswa baru dibuka sekolah kedinasan untuk lulusan jurusan IPA dan kejuruan terkait IPA.

Sekolah kedinasan umumnya menawarkan pembebasan biaya kuliah atau kuliah gratis hingga lulus. Beberapa di antaranya juga menawarkan fasilitas asrama, uang saku atau uang biaya hidup, dan seragam bagi mahasiswa, taruna, atau prajanya.

Jika kamu adalah anak IPA atau kejuruan terkait IPA yang tertarik meneruskan pendidikan ke sekolah kedinasan, berikut pilihan yang bisa kamu lamar:

Rekomendasi Sekolah Kedinasan untuk Anak IPA dan SMK

1. Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Politeknik Statistika STIS adalah sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Jurusan STIS yaitu D4 Statistika, D3 Statistika, dan D4 Komputasi Statistik. Sekolah kedinasan ini membuka pendaftaran bagi siswa jurusan IPA, IPS, dan SMK jurusan Teknik Komputer dan Informatika.

2. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Sekolah kedinasan STMKG berada di bawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Jurusan STMKG terdiri dari D4 Klimatologi, D4 Meteorologi, D4 Geofisika, dan D4 Instrumentasi. Sekolah kedinasan ini pada 2022 dibuka untuk siswa SMA, MA, dan SMK semua jurusan.

3. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Poltek SSN berada di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Lulusan BSSN dapat bekerja di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan di instansi pemerintah wilayah pusat atau daerah.

Pada penerimaan 2022, sekolah kedinasan Poltek SSN membuka pendaftaran siswa kelas 12 atau lulusan jurusan IPA dari SMA/MA, serta SMK Teknik Elektronika, Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi, SMK TI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi.

4. Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun (PPI Madiun) adalah sekolah kedinasan di bawah naungan bawah Kementerian Perhubungan. Jurusan PPI Madiun yaitu D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, D3 Teknologi Elektro Perkeretaapian, D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian, dan D3 Teknologi Mekanika Perkeretaapian.

PPI Madiun di antaranya menerima calon mahasiswa lulusan jurusan IPA dari SMA, serta SMK Jurusan Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Industri, Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Instrumentasi Industri, dan Teknik Geomatika dan Geospasial.

5. Politeknik Keuangan Negara STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN di bawah naungan Kementerian Keuangan pada 2022 membuka pendaftaran untuk semua jurusan. PKN STAN membuka prodi D4 Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Keuangan Negara, dan Manajemen Aset Publik pada penerimaan tahun ini.

Nah, itu dia rekomendasi sekolah kedinasan untuk lulusan jurusan IPA dan SMK. Semoga berhasil, ya!



Simak Video "Bebas Biaya Pendidikan, Ini Referensi Sekolah Kedinasan Jakarta-Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia