IISMA untuk Mahasiswa Vokasi Dibuka, Tersedia 400 Kuota

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 14 Apr 2022 15:00 WIB
IISMA Vokasi
IISMA Vokasi Foto: Dok. Screenshot YouTube Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
Jakarta -

Program IISMA (Indonesia International Student Mobility Awards) edisi vokasi resmi diluncurkan. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebutkan, program beasiswa ini adalah yang pertama kali di Indonesia.

Beasiswa ini yakni mahasiswa vokasi didanai untuk belajar di berbagai perguruan tinggi dunia.

Menurutnya, program IISMA edisi vokasi tidak hanya diperuntukkan kepada mahasiswa D3 dan D4, melainkan juga para dosen.

"Program ini menjadi cara kita untuk menghilangkan sekat-sekat pendidikan vokasi dan industri," ucap Nadiem dalam Grand Launching IISMA Edisi Vokasi 2022, melalui kanal YouTube Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi pada Kamis (14/4/2022).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto menegaskan, IISMA Vokasi bukanlah program terakhir, melainkan pionir untuk program-program selanjutnya, yang diharapkan akan diselenggarakan para perguruan tinggi secara mandiri.

Melalui belajar di luar negeri, menurut Wikan, mahasiswa akan memperoleh wawasan global yang lebih terbuka dan bisa belajar langsung mengenai sistem masyarakat negara yang dituju.

"Kita bisa belajar juga dari banyak profesor yang punya mindset luar biasa juga. Belajar juga dari mahasiswa-mahasiswa mereka, bagaimana mereka fokus dan komitmen," terang Wikan.

"Soft skills, leadership, karakter itu akan melengkapi kompetensi hard skill cognitive yang kita pelajari," sambungnya.

Dalam peluncuran IISMA Vokasi tersebut, Ketua Project Management Officer Kampus Merdeka Kemendikbudristek, Erwin Tobing, menyatakan ada 400 kuota untuk para insan vokasi pada program tahun ini. Mahasiswa penerima manfaat akan memperoleh biaya pendidikan penuh, biaya hidup, serta biaya transportasi.

Adapun skema studi IISMA pendidikan vokasi terbagi ke dalam tiga bentuk, yaitu program pengalaman industrial atau industrial experience program, pembelajaran berbasis kelas dan pengalaman industri atau class based learning and industrial experience, serta pembelajaran berbasis kelas atau class based learning.

Selain itu, terdapat sebelas negara yang bisa menjadi tujuan IISMA Vokasi. Seluruhnya adalah Jerman, Inggris, Australia, Amerika Serikat, Prancis, Turki, Malaysia, Taiwan, Korea Selatan, Irlandia, dan Singapura.



Simak Video "Respons Masyarakat Tentang Kebijakan Kemendikbudristek"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia