UICI Jadi Kampus Pertama yang Menggunakan AI, Rektor: Nomor 5 Dunia

Kristina - detikEdu
Sabtu, 26 Feb 2022 12:50 WIB
Jadi Kampus Startup Digital Pertama di Indonesia,  Prodi UICI Apa Saja?
UICI. Foto: laman UICI
Jakarta -

Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) menjadi universitas pertama di Tanah Air yang menggunakan Artificial Intelligence Digital Simulator Teaching Learning System (AI DSTLS). Bahkan, kampus ini menempati posisi kelima dunia di atas Oxford University dalam pengembangan simulator pembelajaran.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rektor UICI Prof Laode Kamaluddin saat membuka acara Digital Campus Orientation (DIGICATION) dalam rangka Orientasi Mahasiswa Baru UICI, Sabtu (26/2/2022).

"Sebagaimana kita ketahui UICI adalah nomor lima di dunia (sebagai) universitas yang menggunakan simulator. Kita semua tahu yang paling maju sampai hari ini adalah MIT, yang mengembangkan simulatornya," ucapnya.

"Kemudian Harvard University, Tokyo University, Corolado University, UICI menempati tempat kelima, dan Oxford menjadi universitas yang keenam," tambahnya.

Dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan, UICI mengambil skema pembelajaran digital penuh. Laode menjelaskan, mahasiswa akan dibekali kemampuan digital leadership mulai dari hal yang paling mendasar selama satu tahun pertama.

Mahasiswa juga akan mendapatkan pengetahuan tentang digital literacy hingga digital talenta. "Pada akhirnya, tahun terakhir yaitu pada tahun semester ketujuh dan kedelapan (mahasiswa) akan diterjunkan ke tengah masyarakat untuk melihat seperti apa digital leadership-nya tumbuh di dalam diri," ucapnya.

Dalam DIGICATION kali ini, UICI juga memperkenalkan maskot bernama ICMan yang berbentuk robot dengan nuansa khas kampus UICI. ICman sendiri adalah singkatan dari Insan Cita Man yang berarti generasi Insan Cita.

Menurut Laode, ICman bukan sekedar maskot event, tetapi terdapat nilai-nilai dan harapan UICI melalui acara DIGICATION agar terbentuknya kekuatan generasi insan cita atas kesempurnaan perpaduan antara ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tetap menerapkan nilai-nilai keislaman di dalamnya.

"Dengan maskot ini, kami berharap dapat mempertegas visi, misi, dan tujuan kampus UICI untuk mewujudkan generasi Insan Cita" jelasnya disela-sela rapat persiapan DIGICATION sebelumnya.

Seperti diketahui, UICI sendiri adalah kampus yang didirikan oleh perkumpulan KAHMI di bawah organisasi Majelis Nasional KAHMI (MN KAHMI) yang saat ini dikomandoi oleh A. Riza Patria sebagai Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI.



Simak Video "Kebolehan Robot Kambing Jepang yang Bakal Bertugas di Pedesaan"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia