Keluarga Tak Datang, Mahasiswa UMBY Ikut Wisuda "Drive Thru" Pakai Motor

Pradito Rida Pe - detikEdu
Rabu, 15 Des 2021 16:00 WIB
Mahasiswa UMB Yogyakarta mengikuti wisuda drive thru menggunakan motor
Foto: Mahasiswa UMB Yogyakarta mengikuti wisuda "drive thru" menggunakan motor Pradito Rida
Bantul -

Deras hujan mengiringi mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Tri Handoko datang ke acara wisuda "drive thru". Bersama teman wanitanya, lulusan prodi S1 Psikologi angkatan 2017 ini berboncengan menggunakan motor dan mengantre untuk wisuda.

"Ini tadi naik motor karena terburu-buru dan keluarga jauh semua jadi tidak ikut mendampingi saya wisuda. Ya sudah saya pilih bareng teman-teman saja dan ternyata ada juga yang wisudanya naik motor," katanya kepada wartawan di UMBY, Rabu (15/12/2021).

Tri mengaku hujan deras yang mengguyur Kapanewon Sedayu sedari pagi agak menghambatnya. Namun hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk menghadiri wisuda.

"Hujan-hujanan tadi, tapi ya tidak apa-apa karena kontrakan saya dekat sama dari sini (UMBY)," ujarnya.

Terlepas dari hal tersebut, mahasiswa asal Lampung ini mengaku tidak malu untuk hadir wisuda "drive thru" dengan menggunakan motor. Malahan, Tri mengaku hal tersebut menjadi cerita tersendiri baginya.

"Tapi saya senang bisa wisuda seperti ini mas, karena kan berkesan," ucapnya.

Rektor UMBY Agus Slamet menyebut, kali ini pihaknya mewisuda 1.303 mahasiswa yang terdiri dari 1.220 sarjana dan 80 pascasarjana yang digelar kemarin, Selasa (14/12/2021) hingga hari ini. Menurutnya, memang beberapa wisudawan menggunakan motor saat mengikuti wisuda drive thru

"Dari data kemarin itu, dari 600 (wisudawan yang hadir) ada 82 yang menggunakan motor. Kalau data hari ini belum masuk," ucapnya.

Pelaksanaan wisuda dilakukan dengan protokol kesehatan yang cukup ketat untuk mencegah penularan COVID-19. Wisuda dilakukan dengan sistem drive thru, di mana hanya ada beberapa calon wisudawan yang turun untuk mengikuti proses wisuda.

"Selanjutnya akan bergantian dengan wisudawan yang lain untuk mencegah kerumunan," ujarnya.

Slamet menjelaskan, bahwa hingga saat ini UMBY telah mewisuda 16.982 orang sejak kampus ini berdiri dengan nama Universitas Wangsa Manggala. Pada usia ke 35, UMBY juga menerapkan kurikulum Kampus Merdeka Belajar Kampus Merdeka sesuai Peraturan Mendikbudrisktek. Sejumlah mahasiswa juga berhasil menorehkan prestasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa.

"UMBY masuk klaster utama untuk penelitian di peringkat 180 dari 1.977 kampus. Begitu juga dalam pengabdian masyarakat berada di peringkat 96 dari 4.000 perguruan tinggi," katanya.

Saat ini jumlah mahasiswa aktif UMBY ada 11.202 mahasiswa yang tersebar dalam tujuh fakultas dan 16 program studi. Sedangkan mahasiswa baru ada 2.543 orang.



Simak Video "Ricuh! Saat Konvoi Gerakan Pemuda Ka'bah Ditilang Polisi dan Melawan"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia