Unsika Karawang Raih Peringkat Tiga Terbaik Liga PTN-Satker

Yuda Febrian Silitonga - detikEdu
Sabtu, 16 Okt 2021 20:27 WIB
Kampus Unsika Karawang
Foto: Luthfiana Awaluddin
Karawang - Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) yang belum genap 10 tahun menjadi kampus negeri berhasil meraih peringkat ketiga dalam liga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Satuan Kerja (Satker) tingkat nasional.

Rektor UNSIKA, Sri Mulyani menuturkan keberhasilan perguruan tinggi yang dipimpinnya mendapat posisi tersebut dalam liga PTN-Satker patut dibanggakan.

"Kita tahu, UNSIKA ini baru beralih menjadi PTN, namun bisa meraih peringkat 3 dalam liga PTN-Satker dari Kemendikbud Ristek," kata Sri dalam keterangan tertulis yang diterima Detikedu, Sabtu (16/10/2021).

Dijelaskannya juga, di kategori PTN Satker UNSIKA memiliki penghargaan tambahan dari capaian tertinggi nasional di 289 persen untuk kategori hasil kerja dosen yang digunakan oleh masyarakat dan rekognisi internasional.

"Adapun pengukuran capaian terdiri atas beberapa Indikator Kinerja Utama (IKU), IKU sendiri merupakan ukuran kinerja bagi perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis iuaran lebih konkret. Hal tersebut menjadi alat ukur untuk mengakselerasi implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka," katanya.

Lanjutnya, setiap PTN dan Lembaga layanan pendidikan perguruan tinggi, berpedoman pada indikator kinerja utama dalam menetapkan target IKU, menyusun dokumen kontrak atau perjanjian kinerja, melaksanakan IKU, melakukan monitoring IKU, melakukan evaluasi IKU, melakukan perbaikan IKU berkelanjutan, serta melaporkan hasil pencapaian IKU.

"Sehingga dalam pengukuran capaian indikator tahun 2020/2021 UNSIKA menjadi salah satu PTN yang termasuk dalam IKU Liga PTN SATKER," ucapnya.

Adapun peringkat pertama diraih oleh Institut Teknologi Kalimantan dan peringkat kedua oleh Universitas Negeri Manado. "Meski ketiga, kami mendapatkan poin pertumbuhan 289 persen lebih tinggi 10 persen dari peringkat 1 dan dua," katanya.

Oleh karenanya, pihaknya berharap perhargaan ini akan menjadi tolak ukur bagi perkembangan pendidikan tinggi di Karawang untuk meningkatkan mutu lulusannya.

"Tugas kita bersama untuk menjaga performa Unsika mengingat tahun 2021 ini Unsika sudah beralih status dari Satker menjadi Badan Layanan Umum (BLU) sehingga seluruh civitas diharapkan tidak kendor menjalankan amanah masing-masing, tetap berinovasi dan berkarya dalam membangun pendidikan tinggi yang berkualitas, hingga melahirkan lulusan yang bermutu," ujarnya.

Simak Video "6 Tersangka Tawuran Maut di Cicurug Diamankan Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia