Mengenal Prodi Sarjana Meteorologi ITB dan Prospek Kerjanya

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 31 Agu 2021 07:24 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem dengan curah hujan sedang hingga lebat.
Mengenal prodi meteorologi di ITB (Foto ilustrasi: Ari Saputra)
Jakarta -

Apakah detikers memiliki keinginan untuk berkuliah di jurusan meteorologi ITB di tahun mendatang? Sebelum memantapkan hati, ada baiknya mengetahui mengenai jurusan tersebut.

Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan gejala-gejalanya, yang terkait dengan komponen bumi yang berupa gas atau biasa disebut udara. Prodi mempelajari mengapa cuaca tiba-tiba berubah dari panas ke hujan maupun sebaliknya, ataupun mengapa salju turun.

Selain itu di prodi ini juga mempelajari mengapa cuaca dan iklim sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Sebenarnya pengetahuan mengenai cuaca dan iklim sudah diketahui nenek moyang kita sejak lama. Namun banyak yang tidak dapat menjelaskan hal tersebut secara ilmiah.

Dengan mempelajari ilmu meteorologi, hal-hal yang berhubungan dengan cuaca dapat dijelaskan secara logis seperti puting beliung, angin topan, dan sebagainya. Selain itu hall yang akan dipelajari adalah apa yang dapat dilakukan oleh manusia untuk menanggulangi dan meminimalisir dampak dari bencana alam tersebut.

Ilmu meteorologi juga berhubungan dengan ilmu-ilmu lainnya seperti ilmu arsitektur. Dengan pengetahuan para ahli meteorologi, maka para arsitek di dapat mendesain bangunan-bangunan sesuai dengan kondisi iklimnya.

Contohnya saja di Eropa, karena sering terjadi salju dan badai maka bangunan-bangunan atapnya dibuat dengan kemiringan yang besar agar salju yang tidak sempat menumpuk di atas tetapi cepat meluncur ke bawah.

Di Jepang desain rumah menggunakan bahan-bahan kayu yang disesuaikan dengan kondisi iklim dan cuaca di sana. Hal tersebut dikarenakan di Jepang sering terjadi gempa maka material terbaik yang dapat digunakan adalah kayu, karena kayu cenderung akan lebih lentur.

Prospek Kerja Prodi Meteorologi ITB

Bagi kalian yang merupakan lulusan meteorologi ITB, berikut adalah prospek kerjanya. Penjelasan berikut dilansir dari laman ITB:

1. Akademisi

Menjadi staf pengajar di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

2. Peneliti

Menjadi peneliti di institusi-institusi dan badan riset pemerintah maupun swasta.

3. Pertanian

Dengan menjadi lulusan di bidang meteorologi kalian dapat menjadi analis di bidang pertanian.

4. Industri

Sarjana meteorologi dapat menjadi ahli atau konsultan dalam membuat alat-alat yang terkait dengan bidang meteorologi.

Demikianlah penjelasan mengenai prodi Meteorologi ITB dan prospek kerjanya. Jadi apakah detikers tertarik mengambil jurusan ini?



Simak Video "BMKG: Fenomena Cuaca Gelombang Panas Tak Terjadi di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia