ITB Bakal Gelar Kuliah Tatap Muka Semester Depan, Ini Prosedurnya

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 20 Mei 2021 10:01 WIB
Infografis 10 Fakultas di ITB dengan daya tampung terbanyak
Foto: Fuad Hasyim/detikcom/ITB Bakal Gelar Kuliah Tatap Muka Semester Depan, Ini Prosedurnya
Jakarta - Institut Teknologi Bandung (ITB) akan menjalankan kuliah tatap muka pada semester pertama tahun akademik 2021/2022.

"Kondisi pandemi belum berakhir, protokol kesehatan (prokes) akan menjadi fokus perhatian dalam pelaksanaan kegiatan akademik luring ini," tegas Direktur Pendidikan ITB Arief Hariyanto yang dikutip dari laman resmi ITB.

ITB sendiri telah mempersiapkan kuliah tatap muka secara matang dengan mengajak seluruh sivitas akademika ITB. Persiapan tersebut diawali dengan meningkatkan kesadaran serta kewaspadaan sejak dini.

"Mahasiswa saat ini sudah dilibatkan dalam tahap persiapan. Perwakilan dari setiap himpunan program studi mahasiswa sudah ikut dalam rapat-rapat persiapan. Edukasi terus menerus kepada mahasiswa dan seluruh sivitas akademika akan menjadi kunci keberhasilan dan keselamatan pelaksanaan kegiatan luring di ITB," papar Arief.

Sebelum matang memutuskan untuk melaksanakan kuliah tatap muka, ITB telah menjalankan uji coba kegiatan luring. Kegiatan tersebut meliputi aktivitas penelitian pascasarjana, penelitian tugas akhir, kuliah lapangan di ITB kampus Jatinangor, kuliah bauran pascasarjana di ITB kampus Jatinangor, dan kegiatan UTBK sebanyak 2 kali.

Lebih lanjut, kuliah tatap muka tidak dilaksanakan untuk seluruh mata kuliah melainkan mata kuliah yang sudah ditentukan saja. Harapannya, jadwal kuliah tatap muka pada awal bulan Juni sudah diumumkan.

"Penjadwalan akan diatur agar tidak terjadi penumpukan jumlah mahasiswa dalam satu waktu. Seluruh Fakultas akan terlibat dalam pengaturan jadwal," jelas Arief.

Kuliah tatap muka sendiri nantinya akan berfokus pada praktikum, workshop, studio, kuliah lapangan, dan tugas besar. Mereka juga diwajibkan untuk menjalankan prokes kesehatan COVID-19.

"Protokol karantina mandiri 14 hari, atau tes covid-19 akan menjadi syarat keikutsertaan mahasiswa," tegas Arief.

Prokes akan diterapkan secara konsisten dan ketat dalam melaksanakan kuliah tatap muka. ITB juga membentuk tim satgas Covid19 sebagai bentuk pengawasan ketat.

"Seluruh fasilitas ITB akan dapat digunakan, termasuk penyediaan asrama, dan tetap dengan prokes yang ketat," kata Arief.

ITB juga bekerja sama dengan pemerintah kota dan provinsi kota Bandung agar kuliah tatap muka dapat terjaga dengan baik.



Simak Video "Penjelasan Peneliti ITB soal Potensi Tsunami 20 M di Selatan Pulau Jawa"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia