Setelah Selesai, Berapa Lama Lulusan ITB Mendapatkan Pekerjaan?

Puti Yasmin - detikEdu
Kamis, 08 Apr 2021 16:36 WIB
Kampus ITB
Foto: Istimewa/Setelah Selesai, Berapa Lama Lulusan ITB Mendapatkan Pekerjaan?
Jakarta - Mendapatkan pekerjaan usai lulus kuliah menjadi harapan banyak mahasiswa. Namun, bagi mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) butuh berapa lama setelah lulus dan mendapat pekerjaan?

Dalam survei Tracker Study 2020 yang dikeluarkan oleh Direktorat Kemahasiswaan ITB diketahui lulusan ITB tahun 2013 memperoleh pekerjaan rata-rata setelah 2 bulan lulus kuliah. Data tersebut dilakukan pada 2291 responden.

Dari angka tersebut, sebanyak 1139 orang mendapatkan pekerjaan kurang dari 3 bulan. Kemudian, 841 orang mendapatkan pekerjaan setelah 3-6 bulan, dan sebanyak 311 orang mendapat pekerjaan usai menunggu lebih dari 6 bulan.

Lebih lanjut, data tersebut menyebutkan bahwa lulusan ITB paling banyak mendapat pekerjaan melalui relasi/teman/kenalan dengan jumlah mencapai 924 orang. Kemudian, sisanya mendapatkan pekerjaan dari internet (selain ITB Career Center), di ITB Career Center, hingga menerima panggilan dari perusahaan.

"Berbagai hal dilakukan alumni untuk memperoleh pekerjaan pertama mereka, baik dengan melamar langsung, menunggu panggilan ataupun menggunakan relasi yang dimiliki," bunyi informasi tersebut dikutip dari detikEdu, Kamis (8/4/2021).

ITB mengingatkan kepada para lulusannya bahwa jalur mendapatkan pekerjaan dari lingkungan internal memiliki peran yang sangat besar. Adapun, lingkungan internal yang dimaksud adalah teman, alumni, keluarga, dosen, hingga guru.

Sebanyak 71% orang mendapatkan pekerjaan dari teman, alumni, dan kenalan. Kemudian, sebanyak 16% mendapatkan dari dosen atau guru, serta sisanya 13% dari orang tua, saudara, dan keluarga.

Sebagai informasi, lulusan ITB rata-rata mendapatkan gaji sebesar Rp 9,3 juta. Namun, angka tersebut masih di luar bonus tahunan yang besarnya bisa dua kali lipat dari gaji yang didapat, yakni rata-rata sebesar Rp 28.814.892.



Simak Video "Saat yang Tepat Raih Masa Depan di Gunadarma"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia