Mau Kuliah Jurusan Psikologi di Luar Negeri? Ini Universitas yang Bisa Dipilih

Tim detikcom - detikEdu
Rabu, 17 Mar 2021 16:26 WIB
Studio shot of an attractive young woman looking thoughtful while using a laptop against a blue background
Mau Kuliah Jurusan Psikologi di Luar Negeri? Ini Universitas yang Bisa Dipilih (Ilustrasi: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta - Bagi detikers yang sudah kelas 3 SMA dan ingin melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi, tentu harus menentukan jurusan serta universitas yang akan dipilih dari sekarang. Memilih jurusan kuliah terutama yang harus detikers pikirkan dengan matang. Jangan sampai salah memilih jurusan yang tidak diinginkan karena bisa saja detikers malah menjadi tidak semangat untuk belajar.

Psikologi merupakan salah satu jurusan kuliah yang diminati dan banyak dipilih. Maka tidak heran jika banyak universitas yang mempunyai jurusan psikologi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Nah, bagi detikers yang ingin kuliah jurusan psikologi di luar negeri tentu harus mengetahui universitas-universitas apa saja yang mempunyai jurusan psikologi.

Maka dari itu, untuk membantu detikers yang sedang bingung dalam memilih universitas di luar negeri dengan jurusan psikologi, di sini akan membahas tentang beberapa universitas yang direkomendasikan untuk dipilih. Lalu apa saja universitas yang ada psikologi di luar negeri? Berikut ini daftarnya:

1. Harvard University

Harvard University memang tidak perlu untuk detikers ragukan lagi kualitasnya. Universitas ini termasuk salah satu universitas terbaik yang ada di dunia, begitupula dengan jurusan Psikologi. Jurusan tersebut sudah berdiri sejak 1800-an di Harvard University atas dukungan dari Scholarship of William James. Beberapa tokoh terkenal, bahkan salah satu aktris berbakat Natalie Portman berkuliah jurusan psikologi di universitas ini.

2. Stanford University

Stanford University juga termasuk salah satu universitas terbaik di dunia. Tidak hanya itu, universitas ini juga dikenal sebagai kampus dengan jurusan psikologi terbaik di dunia. Di universitas ini bahkan terdapat peluang untuk belajar level pendidikan yang di atas S-3.

3. University of Oxford

Departemen psikologi terkemuka di Inggris adalah salah satunya Departemen Psikologi Eksperimental Oxford. Hal itu karena komitmen di dalam pengajaran serta penelitian dinilai cukup unggul. Tidak hanya itu, jurusan Psikologi universitas ini mempunyai kelompok penelitian luar pada bidang ilmu saraf, Bahasa, proses kognitif manusia, psikologi perkembangan dan beberapa lainnya.

4. University of Cambridge

Universitas tertua kedua di dunia ini mempunyai jurusan Psikologi sejak tahun 1897. Jurusan Psikologi universitas ini bahkan diklaim di seantero Eropa yang terbaik. Bila detikers kuliah jurusan psikologi di universitas ini, detikers bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi sukarelawan di berbagai organisasi psikologi dengan taraf internasional.

5. University of California, Berkeley

Universitas riset negeri ini berada di Berkeley, California, Amerika Serikat. Universitas ini merupakan universitas yang terkenal ketat di dalam seleksi untuk menjadi mahasiswanya. Jurusan psikologi di UCB ini juga merupakan salah satu yang terbaik di Amerika, bahkan dunia.

6. Yale University

Yale University merupakan universitas yang ada psikologi selanjutnya. Universitas ini tidak hanya terkenal tentang jurusan Ilmu Sejarah, jurusan Ekonomi dan Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan, namun universitas ini juga menjadi salah satu kampus dengan jurusan psikologi yang terbaik. Selain itu, universitas ini dikenal sebagai kampus yang banyak menerima Penghargaan Nobel.

7. University of Michigan

Universitas negeri tertua ini selalu secara konsisten ada dalam posisi 5 besar sebagai kampus riset terbaik yang ada di Amerika. Tidak hanya itu, universitas ini bahkan termasuk ke dalam 20 besar universitas terbaik di dunia. Jika detikers ingin kuliah di Amerika Serikat dan mengambil jurusan psikologi, bisa mencoba masuk ke universitas yang satu ini, karena jurusan tersebut merupakan salah satu yang terbaik juga.

Nah, itulah beberapa universitas yang ada psikologi di luar negeri yang direkomendasikan untuk detikers. Semoga bermanfaat.

(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia