Daftar Universitas Psikologi Soshum Terbaik di Indonesia 

Tim detikcom - detikEdu
Kamis, 11 Mar 2021 14:00 WIB
Divers group of high school of college graduates smiling during the graduation ceremony. They are standing in a row.
Daftar Universitas Psikologi Soshum Terbaik di Indonesia ( Ilustrasi foto: iStock)
Jakarta - Psikologi adalah disiplin ilmu yang mana mempelajari mengenai pikiran, mental, perilaku manusia. Nah detikers, jurusan atau program studi psikologi dibagi menjadi dua macam, yaitu Psikologi kelompok Soshum dan Psikologi kelompok Saintek. Lalu di mana universitas psikologi soshum terbaik di Indonesia?

Jurusan atau program studi psikologi meneliti mengenai alur pemikiran manusia serta alasan yang ada di baliknya, dan tindakan-tindakan manusia. Ilmu psikologi sendiri ada banyak bagian, seperti Psikologi Perkembangan, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan Organisasi, serta Psikologi Sosial.


Psikologi Soshum Adalah

Psikologi memang dimasukkan oleh sebagian besar universitas ke rumpun Soshum. Di mana psikologi yang masuk ke rumpun ilmu tersebut akan lebih fokus dan menekankan pembelajaran di mata kuliah Soshum (Sosial Humaniora).

Meski begitu, detikers nantinya tetap belajar mengenai ilmu sains. Tapi, memang tidak sedetail atau sedalam jika detikers mengambil jurusan Psikologi Saintek. Psikologi Soshum (IPS) sendiri lebih pada aplikasi gejala sosial.


Beberapa Universitas di Indonesia dengan Jurusan Psikologi Soshum

1. Universitas Indonesia


Fakultas Psikologi Universitas Indonesia adalah fakultas Psikologi yang pertama sekaligus tertua yang ada di Indonesia. Universitas ini sering kali menjadi acuan bagi fakultas lainnya di Indonesia untuk pengembangan. Jurusan Psikologi UI sendiri sudah terakreditasi A oleh Ban-PT.

2. Universitas Gadjah Mada


Salah satu universitas di Yogyakarta yang mempunyai jurusan psikologi soshum adalah Universitas Gadjah Mada. Universitas yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang bergengsi di Indonesia ini untuk jurusan psikologinya sendiri sudah mendapatkan akreditasi A.

3. Universitas Airlangga

Universitas psikologi soshum terbaik selanjutnya adalah Universitas Airlangga (UNAIR). Universitas yang merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia ini, jurusan psikologi yang ditawarkan pun sudah mendapatkan akreditasi A.

4. Universitas Brawijaya

Universitas di kota Malang yang mempunyai jurusan psikologi rumpun soshum adalah Universitas Brawijaya. Universitas yang termasuk universitas bergengsi di Indonesia dan hampir selalu masuk ke dalam peringkat 10 besar ini, jurusan psikologi yang ditawarkan sudah terakreditasi B.

5. Universitas Negeri Jakarta

detikers yang berdomisili tidak perlu bingung jika ingin kuliah jurusan psikologi soshum jika tidak lolos masuk UI. Detikers bisa masuk Universitas Negeri Jakarta saja, karena universitas ini juga mempunyai jurusan tersebut. Tidak hanya itu, jurusan psikologi universitas ini sudah terakreditasi A dan termasuk ke dalam salah satu terbaik yang ada di Indonesia.

6. Universitas Udayana

Jika detikers ingin berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di luar Pulau Jawa yang mempunyai jurusan psikologi soshum, detikers bisa memilih Universitas Udayana. Universitas ini sendiri sudah terakreditasi A. Sementara untuk jurusan psikologi yang ditawarkan mendapatkan akreditasi B, namun sangat layak untuk dipertimbangkan.

7. Universitas Diponegoro

Universitas yang berlokasi di Surabaya juga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Tidak hanya itu, jurusan psikologi yang ditawarkan universitas ini sudah mendapatkan akreditasi A.

Nah, itulah beberapa universitas psikologi soshum terbaik yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat. (erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia