Urutan Kampus Terbaik 2020 di Indonesia, Mau Pilih Kuliah di Mana?

Tim detikcom - detikEdu
Selasa, 09 Mar 2021 21:17 WIB
Kampus IPB/ipb.ac.id
IPB menduduki posisi teratas dalam urutan kampus terbaik 2020 di Indonesia (Foto: ipb.ac.id)
Jakarta - Detikers yang ingin menempuh jenjang perkuliahan tentu ingin mendapatkan universitas yang terbaik dan jurusan yang diminati, bukan? Maka dari itu, detikers harus mengetahui urutan kampus terbaik yang ada di Indonesia untuk bisa menentukan pilihan universitas yang paling baik.

Nah, jika detikers ingin masuk kuliah pada tahun ini, sebaiknya detikers mengetahui dahulu urutan kampus terbaik di Indonesia pada tahun sebelumnya atau tahun 2020. Hal itu karena bisa detikers jadikan sebagai referensi ketika memilih kampus maupun jurusan yang terbaik.

Kemendikbud melalui Dirjen Pendidikan Tinggi telah merilis urutan kampus terbaik 2020 Indonesia. Nah, detikers ingin mengetahui kampus mana saja yang mempunyai peringkat terbaik di Indonesia? Berikut ini pembahasannya.

5 Universitas di Indonesia dalam Peringkat Urutan Kampus Terbaik 2020

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB dengan skor 3,648 - klaster 1, berhasil menduduki peringkat 1 dalam urutan kampus terbaik 2020 . Institut Pertanian Bogor sendiri adalah perguruan tinggi berbentuk institut yang ada di Bogor, Jawa Barat. Kampus ini sudah berdiri sejak 1963.

IPB merupakan kampus yang lebih fokus pada bidang pertanian. Meski demikian, IPB juga mempunyai jurusan non-agraris yang cukup banyak. IPB sendiri merupakan universitas yang cukup konsisten untuk masuk ke jajaran 10 kampus terbaik di Indonesia.

2. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia atau juga dikenal dengan UI mendapatkan skor 3,414 - klaster 1 dalam penilaian universitas terbaik di Indonesia. Dengan skor tersebut, UI berhasil mendapatkan peringkat 2 sebagai kampus terbaik Indonesia.

Ilustrasi Kampus UI, DepokIlustrasi Kampus UI, Depok Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO

UI merupakan kampus yang berada di kota Jakarta dan Depok. Kampus ini sudah berdiri sejak 1849. Selama berdiri UI pernah berkali-kali menempati peringkat 1 dalam urutan kampus terbaik dan terfavorit di Indonesia. Selain itu, kampus ini masuk ke dalam salah satu universitas terbesar yang ada di Indonesia.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas yang berada di Yogyakarta ini, pada tahun 2020 berhasil menempati peringkat 3 dalam urutan kampus terbaik 2020 di Indonesia dengan skor 3,315 - klaster 1. UGM merupakan kampus yang sudah berdiri sejak 1949 silam.

UGM termasuk ke dalam universitas di Indonesia yang konsisten dalam masuk ke dalam universitas dengan peringkat terbaik di Indonesia.

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Detikers yang ingin kuliah di daerah Surabaya, ternyata ada salah satu universitas di sana yang masuk dalam kampus terbaik Indonesia pada tahun 2020 yaitu Universitas Airlangga atau UNAIR. Kampus berada pada peringkat 4 dengan skor 3,299 - klaster 1.

Masuknya UNAIR ke dalam daftar universitas terbaik di Indonesia pada tahun 2020, sekaligus menjadikannya kampus terbaik di Surabaya. UNAIR merupakan kampus yang terkenal dengan kredibilitas dan moralitas yang tinggi. Universitas ini sudah berdiri sejak 1954.


5. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kampus ITBKampus ITB Foto: Istimewa

Peringkat kelima universitas atau kampus terbaik di Indonesia pada tahun 2020 dipegang oleh Institut Teknologi Bandung yang memperoleh skor 3,275 - klaster 1. Perguruan Tinggi Negeri di Bandung yang berdiri pada 1959 ini bergerak pada bidang pengembangan teknik dan sains. ITB mampu untuk mempertahankan kualitasnya sehingga masuk menjadi PTN terbaik yang ada di Indonesia.

Itulah 5 universitas yang masuk ke dalam urutan kampus terbaik 2020 . Nah, jika detikers ingin masuk ke salah satu universitas tersebut tentu harus belajar dengan giat agar mendapatkan nilai yang tinggi. Semoga bermanfaat. (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia