10 Universitas Terbaik Dunia 2020 dari Webometrics

Tim detikcom - detikEdu
Selasa, 02 Mar 2021 17:58 WIB
Fokus SNMPTN 2019
10 Universitas Terbaik Dunia 2020 dari Webometrics (Ilustrasi: Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Webometrics merilis daftar universitas terbaik dunia 2020. Pada edisi Juli 2020, mereka melakukan penilaian berdasarkan empat aspek, antara lain Transparency, Presence, Excellence, dan Visibility.

Nah, jika detikers memiliki rencana kuliah di luar negeri, simak deretan universitas di bawah ini untuk mendapatkan gambaran singkat sebelum mengambil keputusan.

1. Universitas Harvard
Perguruan tinggi yang jadi tujuan kuliah beberapa artis Indonesia ini termasuk yang paling tua di dunia. Berdiri sejak 1636, Universitas Harvard yang berbasis di Boston dan Cambridge memiliki lebih dari 360.000 alumni yang tersebar di seluruh dunia dan menyediakan program sampai profesional.

2. Universitas Stanford
Bertempat di California, ada Universitas Stanford, universitas terbaik dunia 2020 yang mempunyai tujuh sekolah dengan 18 institut interdisiplin dan 2.100 fakultas. Universitas Stanford yang sempat mendapat pujian dari Barack Obama pun memiliki lebih dari 16.000 mahasiswa.

3. Institut Teknologi Massachusetts
Universitas yang mengusung moto Mens et manus ini sudah beroperasi sejak 1861. Berlokasi di Cambridge, Institut Teknologi Massachusetts (MIT) sampai sekarang sudah menjaring lebih dari 11 ribu mahasiswa dengan 4.000 mahasiswa sarjana serta lebih dari 6.000 mahasiswa pascasarjana.

4. Universitas California Berkeley
Tempat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kuliah ini menyediakan lebih dari 350 jurusan. Universitas California Berkeley, yang menempati posisi empat universitas terbaik dunia 2020, pun mempunyai lebih dari 30 ribu mahasiswa sarjana dan lebih dari 11 ribu mahasiswa pascasarjana.

5. Universitas Washington
Berikutnya ada Universitas Washington yang kampus-kampusnya berlokasi di Tacoma, Seattle, dan Bothell. Dengan menawarkan 1.800 program sarjana per kuartal, universitas ini menghasilkan lebih dari 12.000 sarjana, magister, doktor, hingga profesional setiap tahunnya.

6. Universitas Michigan
Universitas Michigan yang didirikan pada 1817 adalah salah satu perguruan tinggi favorit di Detroit, Michigan, Amerika Serikat. Dengan 19 kampus, Universitas Michigan memiliki jurusan favorit seperti Arsitektur dan Kebijakan Publik. Mahasiswa-mahasiswa yang kuliah ini pun datang dari 139 negara.

7. Universitas Oxford
detikers pasti tak asing lagi dengan universitas terbaik dunia 2020 ini. Universitas Oxford yang merupakan universitas tertua di Inggris adalah pusat pembelajaran, penelitian, dan pengajaran yang sudah menjaring lebih dari 24 ribu mahasiswa, baik dari sarjana dan pascasarjana.

8. Universitas John Hopkins
Berlokasi di Baltimore, Maryland, Universitas John Hopkins adalah universitas penelitian pertama di Negeri Paman Sam yang didirikan pada 1876. detikers bisa memilih salah satu dari 52 jurusan yang tersedia, dari Studi Afrika sampai Seminar Kepenulisan.

9. Universitas Columbia
Kampus yang dulunya bernama King's College ini berdiri sejak 1754. Universitas Columbia yang merupakan institusi pendidikan tinggi tertua di New York tersebut sempat mendapatkan lebih dari 42 ribu pelamar sebelum akhirnya menerima lebih dari 2 ribu orang pada 2019 silam.

10. Universitas Cornell
Universitas terbaik dunia 2020 terakhir yang bisa detikers pertimbangkan adalah Universitas Cornell di Ithaca, New York. Kampus yang mempunyai maskot big read bear ini sudah ada sejak 1865 dan memiliki dua identitas, yakni sebagai private university dan public mission.

Kuliah di luar negeri pastinya berbeda dengan di Indonesia. detikers yang punya niat melancong buat menuntut ilmu harus mempersiapkan berbagai hal sejak jauh-jauh hari. Jadi, detikers akan menerima pembelajaran yang optimal di universitas terbaik dunia 2020, bukan sekadar untuk mengejar gengsi. (erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia